Unduh Aplikasi

Sempat Bermasalah, Rumah Dhuafa Dibuat Asal Jadi di Aceh Timur Dipugar Ulang

Sempat Bermasalah, Rumah Dhuafa Dibuat Asal Jadi di Aceh Timur Dipugar Ulang
Foto: Ist

ACEH TIMUR – Keuchik Gampong Keumuning, Kecamatan Peurlak, Kabupaten Aceh Timur, Rizalihadi sempat komplain atas pembangunan rumah dhuafa di desanya yang dinilai asal jadi.

“Awalnya rumah itu bantuan dhuafa yang bersumber dari APBA 2019. Untuk Gampong Keumuning mendapatkan dua unit rumah yakni, untuk Halimah dan Asiah Makam,” katanya saat dihubungi AJNN, Kamis (31/10).

Rizalihadi menambahkan, ketika pembangunan rumah dilakukan, milik Halimah berjalan dengan baik. Namun untuk rumah milik Asiah saat itu pengerjaannya sangat fatal dan tidak sesuai dengan gambar.

“Untuk ukuran pondasi cakar ayam yang seharusnya memiliki kedalaman 40 sentimeter, namun faktanya hanya 10 cm saja,” ujarnya.

Tambahnya, itupun besi cakarnya tidak dicor dalam tanah, kemudian pihaknya membongkar dan meminta dibuat baru sesuai gambar.

“Dari awal saya sudah memberikan isyarat kepada kontraktor rumah di Keumuning, jangan dibuat asal jadi, ironisnya tukang tidak memiliki gambar dalam bekerja,” tuturnya.

Razali mengatakan, dirinya kemudian bertemu dengan pengawas, konsultan, perusahaan pemenang tender untuk mempertanyakan hal itu. Hari ini, pihaknya kembali meninjau ke lapangan terkait bagaimana progres pembangunan rumah itu.

“Alhamdulillah sudah mencapai target. Setelah di komplain beberapa waktu lalu akhirnya berbuah manis,” ujarnya.

Keuchik berharap, hal tersebut jangan sampai terulang lagi. Karena penerima manfaat akses pengetahuan yang rendah, tapi rumahnya jangan direndahkan juga. Supaya ke depan tidak ada pembiaran terhadap pembangunan di kabupaten-kabupaten lain.

Komentar

Loading...