Unduh Aplikasi

Sembilan Nelayan Myanmar Dipulangkan

Sembilan Nelayan Myanmar Dipulangkan
PSDKP Lampulo memulangkan sembilan nelayan Myanmar. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Lampulo memulangkan sembilan nelayan Myanmar ke negaranya melalui pihak Imigrasi Langsa. Pemulangan nelayan tersebut dikarenakan proses hukum telah selesai.

"Mereka kita serahkan ke pihak Imigrasi Langsa selanjutnya akan dipulangkan ke negaranya," kata Kasie Operasional Pengawasan dan Penangganan Pelanggaran PSDKP Lampulo, Herno Adiyanto, Rabu (5/8).

Ia menyebutkan sembilan nelayan Myanmar tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) dari tiga kapal berbendera Malaysia yang sebelumnya ditangkap karena melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia.

"Mereka ditangkap oleh kapal patroli Hiu 12 Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain menangkap ikan tanpa izin, mereka juga menggunakan pukat trawl yang dilarang," sebut Herno.

Ke sembilan nelayan Myanmar yang dipulangkan tersebut yakni Myo Sett, Zaw Win Htwe, dan Aung Myo Naing alias Thar Gyi, mereka ABK kapal KM PKFA 7949.

Sementara San Ye Oo, Htaw Kyaing, dan Aung Kyaw Naing, nelayan kapal KM PKFB 1099 dan Myo Shwe, Nay Lwin, San Win Tun, nelayan kapal KM PKFB 776.

"Mereka ini dipulangkan ada yang telah menjalani proses hukum dengan hukuman pidana denda serta sebagai saksi," ucapnya.

Herno juga menyebutkan saat ini masih ada enam nelayan Myanmar yang masih menjalani proses hukum di Aceh. Mereka terdiri dari dua nahkoda dan empat ABK dari tiga kasus ilegal fishing yang ditangani PSDKP Lampulo.

"Dua nahkoda kapal tersebut ditetapkan tersangka, sementara ABK masih bertahan untuk keterangan sebagai saksi," ungkap Herno.

Komentar

Loading...