Unduh Aplikasi

Seluruh Paspor Jemaah Calon Haji Aceh Sudah Dikembalikan

Seluruh Paspor Jemaah Calon Haji Aceh Sudah Dikembalikan
Foto: Net

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh telah mengembalikan seluruh paspor jamaah calon haji Aceh yang batal berangkat tahun ini melalui Kantor Kemenag kabupaten/kota masing-masing.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Arijal mengatakan, paspor yang dikembalikan ke daerah sudah melalui proses pemindaian (scan) di Siskohat oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kanwil.

"Ada sekitar 3.655 paspor yang telah di-scan dan telah dikembalikan ke daerah masing-masing," kata Arijal kepada dalam keterangannya kepada AJNN, Selasa (1/9).

Arijal menjelaskan, seharusnya terdapat 4.187 paspor yang discan, tetapi karena 532 paspor lagi belum diserahkan ke Kanwil, sehingga tidak bisa dilakukan proses scaning.

Kata Arijal, penyebab belum di scaning karena tidak ada kepastian terkait keberangkatan haji tahun 2020, sehingga ada daerah yang belum menyerahkan paspor jamaah ke Kanwil Kemenag Aceh.

“Yang belum terscan di sistem 532 paspor, itupun karena belum kita terima dari daerah, ada yang masih sama jamaah ada yang sudah ke daerah, tapi dikembalikan ke jamaah masing-masing, yang sudah discan sudah kita kembalikan ke daerah untuk diserahkan ke jamaah,” jelasnya.

Arijal berharap seluruh jamaah calon haji yang batal berangkat tahun ini untuk terus mempersiapkan diri serta agar pandemi Covid-19 ini segera hilang, dan keberangkatan haji berjalan kembali seperti biasanya.

“Jamaah harus menyiapkan diri baik kesehatan, karena istitaah itu dibagi 3, pertama sehat lahir batin, kemudian mampu keuangan, kemudian keamanannya, sekarang tidak aman karena kondisi wabah,” tutur Arijal.

Komentar

Loading...