Unduh Aplikasi

TERKAIT PENYEBARAN VIRUS CORONA

Seluruh Kab/Kota di Aceh Didesak Sediakan Tempat Isolasi Khusus

Seluruh Kab/Kota di Aceh Didesak Sediakan Tempat Isolasi Khusus
Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani. Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh mendorong agar bupati dan wali kota di Aceh menyiapkan tempat khusus untuk isolasi baik dengan status Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pantauan (PDP) virus corona.

Koordinator GeRAK Aceh, Askhalani mengatakan persoalan virus corona itu harus dilakukan pencegahan sedini mungkin. Dimana harus ada tempat khusus untuk isolasi baik yang ODP maupun PDP. Hal itu sangat penting untuk mencegah penyebaran virus yang mematikan itu.

"Saya rasa tidak susah untuk menyiapkan tempat khusus isolasi, tinggal cari tempat yang khusus dan memang tidak bisa dijangkau oleh siapapun dengan pengamanan yang ketat," kata Askhalani kepada AJNN, Sabtu (4/4).

Pemerintah, kata Askhalani, pemkab dan pemko tinggal melakukan kerja sama dengan TNI maupu Polri untuk melakukan pengamanan di lokasi isolasi khusus itu. Sehingga orang-orang yang berada di lokasi itu benar-benar terpantau pergerakannya.

"Sekarang dari pada harus isolasi mandiri di rumah, ini sangat mudah menular ke orang lain kalau tidak benar-benar dijaga oleh keluarganya sendiri," ujarnya.

Menurutnya kebijakan isolasi mandiri yang selama ini berjalan malah semakin meningkat jumlah pendemi corona, karena sebagian yang kenak tidak patuh dan tidak punya tempat yang baik, apalagi di rumah masing-masing.

"Kalau masalah anggaran itu tinggal dialihkan dari dana otsus yang ditransfer ke kabupaten/kota atau bahkan uang otsus yang tidak terpakai," jelasnya.

Kata Askhalani, salah satu cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona itu adalah dengan menyediakan tempat isolasi khusus, dari pada harus memberlakukan jam malam.

"Harus ada tempat isolasi khusus dan dibiayai oleh pemerintah. Program ini jauh lebih efektif dari pada pemberlakuan jam malam yang malah berdampak pada perekonomian masyarakat," ujarnya.

Kemudian, kata Askhalani, pemerintah harus menggunakan cara pemaksaan untuk menangani virus corona ini, dimana orang-orang yang sudah ditetapkan ODP maupun PDP harus dijemput paksa untuk dibawa ke lokasi khusus itu.

"Harus ada kebijakan pemaksaan yaitu menggunakan militer untuk jemput langsung orang yang harus di karantina kalau ada yang menolak masuk untuk diisolasi," tegasnya.

Komentar

Loading...