Unduh Aplikasi

Selamat Milad GAM

Selamat Milad GAM
Andi HS. Foto: Fauzul Husni

Oleh: Andi Harianto Sinulingga

Pada hari perayaan HUT GAM ini harus ada pidato politik yg prospektif terkait pembangunan Aceh. Menjelaskan eksistensi Aceh dalam NKRI, tentang kekhususan Aceh yg membedakannya dengan provinsi2 lain di Indonesia.

Harus ada pencerahan tentang arah kebijakan pembangunan Aceh yg monumental, selain pengembangan kualitas Manusia, juga infrastruktur fisik yg menunjang pembangunan dan kesejahtraan warganya.

Aceh harus mendesak Jakarta untuk membuat terobosan2 pembangunan infrastruktur yg monumental, seperti misalnya menyambungkan ujung pulau sumatera dengan pulau sabang dan pulau Aceh melalui jembatan sehingga banda Aceh ke Sabang bisa di akses langsung tanpa harus menggunakan ferry penyebrangan. Proyek2 mercusuar itu sangat penting untuk Aceh.

Secara teknis itu memungkinkan untuk di lakukan, dan lihat saja nanti dampaknya bagi Aceh kalau itu terjadi. Untuk jalan2 penghubung dari satu kabupaten kota dgn kabupaten kota lainnya (konektiviti) di Aceh itu sebaiknya di kerjakan melalui dana APBN, masuk dalam rencana strategis nasional, sama seperti jalan tol dan bendungan2 di aceh. Itu penting agar dana otsus Aceh bisa fokus di genjot untuk pengembangan infrastruktur pendidikan anak2 kita di Aceh, untuk pembangunan dan pengembangan sektor usaha di Aceh, dan untuk kualitas pelayanan kesehatan di Aceh.

Penulis adalah politikus Partai Golkar

 

Komentar

Loading...