Unduh Aplikasi

Selamat Bekerja, Obama

Selamat Bekerja, Obama
Ilustrasi. Foto: liputan6.

TAK ada yang istimewa dari penampilan Raidin Pinim. Tubuhnya ceking. Wajahnya pun tidak rupawan. Siapapun yang tak mengenalnya, pasti tak akan menyangka Obama--demikian ia disapa--adalah orang nomor satu di Aceh Tenggara.

Tapi dia punya sorot mata yang tajam. Setajam keyakinannya untuk maju dan berlaga di Pemilihan Kepala Daerah Aceh Tenggara. Dia hakkulyakin saat memutuskan meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Bidang Darat di Dinas perhubungan Komunikasi dan Telekomunikasi Aceh.

Dan kini, keyakinan itu terwujud. Anak kampung penjual kerak telur itu menjadi orang yang paling berpengaruh di kabupaten Aceh Tenggara. Kabupaten yang berbatasan dengan Sumatera Utara. Di sini, menetap berbagai suku dengan berbagai karakter dan watak. Sebagian besar keras; sekeras alam di Hutan Leuser.

Raidin pernah gagal. Pada pilkada sebelumnya, dia tak mampu mengalahkan lawan politiknya. Namun kegagalan ini tak membuat dia patah arang. Lima tahun kemudian dia memutuskan kembali bertarung. Menurut Raidin, ada banyak harapan yang digantungkan ke pundaknya. Ini adalah kekuatan untuk dia maju dan memenangkan pertarungan itu.

Raidin memang sosok fenomenal. Di Aceh, tak banyak anak muda yang berhasil memenangkan pertarungan ini. Apalagi melawan orang-orang yang malang melintang di dunia perpolitikan. Tapi anak pasangan Sami’an Pinim–Aisyah ini membuktikan bahwa suara rakyat adalah segalanya.

Saat mendengar Raidin mencalonkan diri, hampir setiap hari ratusan orang berkumpul di rumahnya. Mereka berdiskusi dan saling mengenal. Mengatur strategi dan bersiap untuk memenangkan sosok yang mereka kenal dekat. Mereka tidak dibayar. Para pendukung Raidin secara sukarela datang dan membawa makanan dan minuman. Raidin membuktikan, tak perlu politik mahal. Yang perlu dibangun adalah kebersamaan dan keinginan untuk meraih cita-cita bersama.

Dan kini, setelah usai hiruk pikuk seremonial pelantikan, tiba waktunya untuk Raidin dan wakilnya, Bukhari, bekerja. Memulai langkah baru dalam sejarah perpolitikan Aceh Tenggara. Bagi mereka, ini adalah tantangan sebenarnya. Tantangan untuk menyatukan masyarakat Aceh Tenggara dan membuka lebar-lebar “jalan pembangunan” di negeri Leuser itu. Karena kemenangan hari ini bukan berarti kemenangan esok hari. Selamat bertugas, Obama.

Komentar

Loading...