Unduh Aplikasi

Selama Pandemi, Capaian Imunisasi di Aceh Menurun

Selama Pandemi, Capaian Imunisasi di Aceh Menurun
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Capaian imunisasi di Aceh mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya selama pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Tercatat pada tahun 2019, capaian imunisasi di Aceh sebesar 27 persen. Berbanding terbalik pada tahun 2020 yang hanya bertaut di angka 17 persen.

Health Officer UNICEF, dr.Dita Ramadonna mengatakan, selain tingkat kepercayaan masyarakat akan vaksin imunisasi yang masih kurang, penurunan capaian itu juga didukung dengan adanya pandemi Covid-19.

"Capaian imunisasi di Aceh tahun ini sangat menurun dari tahun sebelumnya," kata Dita saat dihubungi AJNN di Banda Aceh, Selasa (8/12).

Kata Dita, diawal pandemi masuk ke Aceh, ada banyak posyandu yang terpaksa tutup saat lockdown diberlakukan.

"Itu juga jadi pengaruh. Karena ada orang tua yang tidak membawa anaknya untuk melakukan imunisasi," ujarnya.

Saat perbelakuan new normal, meskipun ada beberapa posyando yang sudah melakukan pelayanan, banyak dari masyarakat yang masih takut membawa anaknya untuk melakukan imunisasi.

"Karena takut tertular Covid-19. Atau mungkin tidak percaya dengan SOP yang sudah disediakan," ungkapnya.

Meski begitu, lanjut Dita, imunisasi saat pandemi ini sangat penting untuk dilakukan. Karena, saat anak terkena penyakit seperti campak, dengan adanya imunisasi tadi, orang tua tidak perlu membawa anaknya ke layanan kesehatan lagi.

"Kalau anak sakit dibawa ke rumah sakit, sudah pasti resiko penularan covid-nya lebih tinggi. Untuk sekarang imunisasi itu makin penting dilengkapin, supaya terhindar dari penyakit-penyakit yang sebenarnya bisa dicegah," pungkasnya.

|Indra Wijaya

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...