Unduh Aplikasi

Selama Masa Kampanye Pilkada, di Aceh Utara Belum Ada Laporan Pelanggaran

Selama Masa Kampanye Pilkada, di Aceh Utara Belum Ada Laporan Pelanggaran

ACEH UTARA - Memasuki hari sejak pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara menetapkan masa kampanye bagi para calon kepala daerah, hingga kini suasana kampanye masih tergolong kondusif dan belum ada laporan pelanggaran yang masuk ke pihak Panwaslih.

"Sejauh ini belum ada laporan pelanggaran kampanye yang dilaporkan secara resmi ke kami. Kita juga belum menemukan temuan pelanggaran di lapangan," ujar Ketua Komisioner Panwaslih Aceh Utara Zulfikar saat dikonfirmasi AJNN. Kamis, (10/11).

Meskipun demikian, tambah Zulfikar, ada beberapa laporan indikasi pelanggaran seperti dugaan perusakan alat peraga atau lainnya yang disampaikan oleh tim pemenangan masing-masing calon, namun hanya bersifat lisan dan tidak disertai data atau laporan tertulis.

"Ada juga yang sampaikan laporan dugaan pelanggaran kampanye, tapi hanya disampaikan secara lisan. Tidak didukung oleh laporan tertulis. Jadi tanpa berkas laporan persoalan yang terjadi, pihak Panwaslih tidak bisa menindaklanjutinya," ungkapnya.

Selain itu pihaknya mengingatkan agar seluruh pasangan calon agar tetap berkomitmen untuk saling mematuhi aturan kampanye sesuai amanat PKPU dan ketentuan lainnya yang telah ditetapkan oleh KIP berdasarkan hasil koordinasi dengan Forkopimda.

"Sejauh pantauan kami pelaksanaan masa kampanye di Aceh Utara masih tergolong berlangsung aman dan damai tanpa disertai aksi pelanggaran. Jika ada indikasi pelanggaran, masyarakat atau para pasangan calon silahkan laporkan ke Panwaslih. Kita berharap para pasangan calon tetap mematuhi aturan dan menjaga rasa kondusif yang telah terwujud. Kami juga mengawasi setiap proses tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara" ujarnya.

Komentar

Loading...