Unduh Aplikasi

Selain PNS, Pejabat Negara Juga Terima THR dan Gaji 13

Selain PNS, Pejabat Negara Juga Terima THR dan Gaji 13
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo menyurati seluruh bupati dan wali kota seluruh Indonesia terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ketiga belas yang bersumber dari APBD.

Berdasarkan surat bernomor 903/3387/SJ tertanggal 30 Mei 2018 tersebut. Selain pegawai negeri sipil daerah, bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota serta pimpinan dan anggota DPRD juga diberikan THR dan gaji 13 yang sumber dananya dibebankan pada APBD tahun anggaran 2018.

Sementara itu, terkait pemberian THR ini diupayakan telah dibayarkan pada minggu pertama Juni 2018 sebesar penghasilan pada Mei 2018. Kemudian untuk pemberian gaji 13 diupayakan untuk dibayarkan pada minggu pertama Juli 2018 sebesar penghasilan Juni 2018.

Kemudian yang menjadi komponen penghitungan besaran THR dan gaji 13 bagi bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota serta pimpinan dan Anggota DPRD meliputi gaji pokok atau uang representasi, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.

Selanjutnya, penghasilan yang menjadi komponen penghitungan besaran THR dan gaji ketiga belas bagi Pegawai Negeri Sipil Daerah terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Selain itu, terkait pemberian THR dan gaji ketiga belas ini tidak dikenakan potongan iuran dan potongan lain, kecuali pajak penghasilan yang dibebankan pada APBD sesuai peraturan yang berlaku.

Komentar

Loading...