Unduh Aplikasi

Selain Pantai Manohara, Ini 4 Lokasi Wisata Paling Menarik Lainnya di Pijay

Selain Pantai Manohara, Ini 4 Lokasi Wisata Paling Menarik Lainnya di Pijay
Wisata Arung Jeram Pidie Jaya. Foto: untuk AJNN.

PIDIE JAYA - Kabupaten Pidie Jaya memiliki cukup banyak objek yang dapat dikembangkan sebagai lokasi wisata, mulai dari objek wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, wisata edukasi dan wisata pantai.

Namun dari banyak potensi yang dapat dikembangkan sebagai lokasi wisata tersebut, hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya baru mengeluarkan lima Surat Keputusan (SK) sebagai objek wisata di Pidie Jaya.

"Di Pidie Jaya banyak potensi yang bisa kita jadikan sebagai objek wisata. Tapi hingga saat ini baru lima objek wisata yang telah di SK kan oleh bupati," kata Kepala Disporapar Pidie Jaya melalui Kabid Pariwisata, M Iqbal kepada AJNN, Senin (17/5).

Berikut lima objek wisata di Pidie Jaya yang telah di SK kan oleh Bupati Pidie Jaya, dan patut dikunjungi.

Pantai Wisata Islami Pidie Jaya

Pantai Wisata Islami Pidie Jaya. Foto: AJNN/Muksalmina.

Pantai ini berlokasi Gampong Sagoe Kecamatan Trienggadeng, tepat dipinggir jalan nasional Banda Aceh-Medan sekitar 500 meter arah ke barat dari pusat Kecamatan Trienggadeng.

Pantai yang lebih dikenal dengan nama Pantai Kuthang Trienggadeng ini menjadi wisata pantai terfavorit di Kabupaten Pidie Jaya. Tidak hanya warga setempat, pantai yang sanvat mudah dijangkau itu juga menjadi pilihan pengunjung dari luar Kabupaten Pidie Jaya.

Pemerintah setempat terus berupaya mengembangkan pantai tersebut. Tahun ini, pemerintah mengelontorkan dana lebih dari Rp 3 miliar untuk membangun waterboom di Pantai Wisata Islami Pidie Jaya itu.

Bagi yang hobi memancing, disana juga disetiadakan spot pemancingan sekitar satu kilometer dari bibir pantai. Untuk dapat menuju ke spot pemancingan itu, pemancing hanya perlu mengeluarkan uang Rp 40 ribu untuk menyewa boat pengantar yang dikelola oleh Bang Taleb --sapaan Abdul Muthalib.

Pantai Meurah Setia Meureudu

Pantai Meurah Setia. Foto: IST.

Pantai Meurah Seutia Meureudu, terletak di Gampong Meunasah Balek, Kecamatan Meureudu, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Manohara. Pasca gempa Pidie Jaya Desember 2016, pantai ini ditutup karena Pantai Manohara dianggap sebagai ladang maksiat yang mengundang bencana.

Namun seiring perkembangan pegembangan wisata, Pantai Meurah Setia kembali dibuka, tentunya sejalan dengan rencana pemerintah setempat, yaitu wisata Islami.

Pantai Manohara tidak kalah dengan Pantai Wisata Islami Pidie Jaya atau Pantai Kuthang Trienggadeng, pantai ini juga menawarkan keindahan laut sejauh mata memandang.

Di kawasan pantai ini sambil bersantai di bawah pohon yang rindang, pengunjung dapat menikmati kuliner khas di pantai tersebut, yaitu mie caluek. Pantai ini juga menjadi pilihan bagi pasangan pegantin untuk mengabadikan momen sebelum pesta perkawinan.

Wisata Arung Jeram Pidie Jaya

Wisata Arung Jeram Pidie Jaya. Foto: untuk AJNN.

Sejak 28 Juni 2020, Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya resmi membuka destinasi wisata arung jeram di Gampong Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua.

Hadirnya tempat wisata olah raga ekstrem di Gampong Lhok Sandeng itu tak terlepas kondisi sungai yang mempunyai rafting dari trek level 1 hingga trek level 5. Dan tentunya, lahirnya objek wisata itu tidak terlepas dari dukungan pemerintah dan masyarakat di daerah setempat.

Meski wisata arung jeram di kabupaten itu. Namun Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas menegaskan, nilai-nilai syariat islam tetap harus dikedepankan, baik di lokasi wisata arung jeram, maupun lokasi wisata lainnya yang ada di Pidie Jaya.

Potensi perputaran ekonomi terbuka lebar pada objek wisata arung jeram Pidie Jaya itu. Namun karena alasan keterbatasan anggaran, sehingga pihak terkait belum dapat mengembangkan objek wisata yang telah di SK-kan itu secara maksimal.

Waduk Lhok Papeun 

Waduk Lhok Papeun. Foto: untuk AJNN

Waduk ini terletak di Gampong Blang Iboh, Kecamatan Bandar Baru. Namun karena keterbatasan anggaran, waduk yang telah ditetapkan sebagai salah satu objek wisata di Pidie Jaya itu kini kondisinya bagaikan hutan belantara. Padahal, waduk yang memiliki pemandanfan alam yang wah dengan diapit oleh perbukitan itu layak dikunjugi. Namun pegembangannya menurut pihak terkait lagi-lagi karena keterbatasan rupiah. 

M Iqbal penah mengatakan, usulan pegembangan objek wisata itu pada tahun 2020 lalu melalui dana Otsus Aceh yang sudah didepan mata, terpaksa ditunda karena dipangkas habis untuk  penangganan Covid-19.

Taman Kota Pidie Jaya

Taman Kota Pidie Jaya. Foto: AJNN/Muksalmina.

Terakhir lokasi wisata yang telah di SK-kan di Kabupaten Pidie Jaya adalah taman yang setiap hari dikungungi pengunjung, baik muda mudi, maupun keluarga. Taman tersebut adalah Taman Kota Pidie Jaya, taman itu terletak tepat sebelah barat Kantor Bupati Pidie Jaya.

Taman ini menjadi pilihan pengunjung untuk menikmati petang, serta taman itu juga menjadi pilihan bagi pasangan yang baru menikah untuk melakukan foto prawedding.

Keindahan Taman kota Pidie Jaya cukup memukau dengan adanya "danau buatan" dengan bunga-bunga di sekitarnya, ditambah dengan pemandangan belatar belakang kantor bupati dan persawahan menambah eksotis di ruang terbuka hijau itu.

Selain untuk berwisata sambil bersantai, taman kota ini juga disediakan jalan setapak yang cocok untuk jogging. Jadi bagi anda yang ingin bersatai bersama keluarga atau jogging, taman kota Pidie Jaya ini pantas anda jadikan pilihan utama.

HUT Pijay

Komentar

Loading...