Unduh Aplikasi

ANGIN PUTING BELIUNG

Selain Kamar Tahanan, Tiga Rumah Pegawai Lapas Meulaboh Juga Rusak

Selain Kamar Tahanan, Tiga Rumah Pegawai Lapas Meulaboh Juga Rusak
Kondisi Lapas Meulaboh diterjang puting beliung. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Angin puting beliung yang menerjang Aceh Barat, Minggu (12/4), sekitar pukul 17.30 WIB, menyebabkan enam kamar tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Meulaboh rusak. Selain itu, tiga rumah pegawai lapas juga ikut rusak.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Meulaboh, Sugiyanto, mengungkapkan enam kamar tersebut yakni empat berada di Blok B dan dua di Blok A. Kerusakan di Blok B, merupakan kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), dimana atapnya copot.

"Selain itu laporan yang kami terima ada satu ruangan pustaka dan satu ruang tahanan diblok A yang ikut rusak," kata Sugiyanto.

Dikatakannya, akibat rusaknya empat kamar di Blok B tersebut, membuat belasan tahanan yang menempati kamar itu terpaksa dipindahkan ke kamar lain yang masih kosong atau belum penuh terisi.

"Ada 16 tahanan yang kami pindahkan ke kamar lain. Mereka lain dengan kapasitasnya belum penuh terisi sehingga tidak berdesakan," ungkapnya.

Baca: Kamar Tahanan Lapas Meulaboh Rusak Diterjang Puting Beliung

Selain merusak enam kamar, kata dia, satu pohon dilaporkan tumbang di dalam lapas tersebut.

"Tiga rumah dinas pegawai lapas yang berada di luar lapas juga rusak. Kalau kerugian kami belum bisa memperkirakan, nanti kami akan tanya dulu ke ahlinya. Karena inikan PU yang paham," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Koramil 04/ Meurebo, Kapten Mazwar, mengatakan pihaknya akan membantu membersihkan pohon timbang di lapas tersebut.

Dikatakannya, saat ini pihaknya sedang mengupayakan mesin pemotong kayu (Chin shaw) untuk membersihkan kayu yang tumbang tepat di pos utama Lapas itu.

"Untuk keamanan pasca peristiwa ini, kami juga akan membantu sesuai permintaan dari Kalapas," kata Mazwar.

Komentar

Loading...