Unduh Aplikasi

Sekretaris Panglima Laot: Masih Ada 32 Nelayan Aceh yang Belum Pulang

Sekretaris Panglima Laot: Masih Ada 32 Nelayan Aceh yang Belum Pulang
Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Sebanyak 19 orang nelayan Aceh akan segera dipulangkan dari India ke Indonesia, pada 12 Desember mendatang. Namun ternyata masih ada 32 nelayan Aceh yang masih ditahan di luar negeri.

"Masih ada 32 nelayan kita, satu berada di Myanmar dan 31 lainnya masih ditahan oleh otoritas keamaman India," kata Sekretaris Panglima Laot Aceh, Michtah Cut Adek, saat dihubungi AJNN di Banda Aceh, Kamis (3/12).

Ia mengatakan, ada 53 orang total nelayan Aceh yang ditahan di Port Blair, Andaman, India. Sebelumnya juga pada 5 oktober 2020, tiga orang nelayan Aceh yang telah menyelesaikan massa hukum.

"Sekarang tambah yang 19 nelayan Aceh, total nelayan Aceh yang sudah menyelesaikan massa hukuman sudah 22 orang," ujarnya.

Baca: 19 Nelayan Aceh yang Ditangkap di India akan Segera Dipulangkan ke Aceh  

Lanjut Michtah, sisa 31 satu orang lagi nelayan Aceh yang masih menjalankan massa hukumanannya di Pory Blair, Andaman, India.

"Satu lagi itu ditahan di Myanmar. Otoritas keamanan Myanmar menjatuhkan hukuman selama tujuh tahun penjara," jelasnya.

Kata Michtah, 31 nelayan Aceh yang tersisa di India itu masih belum dijatuhi vonis hukuman, sebab kapal yang dinaiki 31 nelayan Aceh itu berbeda. Total ada tiga kapal nelayan Aceh yang masih ditahan oleh otoritas keamanan India.

"Awalnya empat, tapi satu kapal sudah dibebaskan beserta pemulangan tiga nelayan Aceh Oktober lalu," ungkapya.

|INDRA WIJAYA

Komentar

Loading...