Unduh Aplikasi

Sekdes Terlibat Narkoba, Pemkab Abdya akan Lakukan Tes Urine Terhadap Calon Pj Keuchik

Sekdes Terlibat Narkoba, Pemkab Abdya akan Lakukan Tes Urine Terhadap Calon Pj Keuchik
Ilustrasi tes urine Narkoba. Foto: Google image.

ACEH BARAT DAYA - Akibat maraknya peredaran narkoba di Aceh serta ada penangkapan seorang Sekretaris Desa (Sekdes) di Kecamatan Blang Pidie, Aceh Barat Daya (Abdya) akibat kepemilikan narkotika jenis sabu, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya akan melakukan tes urine terhadap calon Pelaksana Jabatan (Pj) Keuchik yang akan dilantik awal Mei 2021 mendatang.

"Kita prihatin, karena selama ini peredaran sabu marak terjadi, bahkan baru beberapa pekan ini ada okmun Sekdes yang ditangkap karena memakai sabu, sehingga kita akan segera mewacanakan tes urine terhadap calon Pj Keuchik yang akan dilantik," kata Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT di Blang Pidie, Kamis (29/4/2021).

Baca: Terlibat Narkoba, Sekdes di Abdya Dibekuk Polisi

Menurut Muslizar MT, tes urine tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan dan membentuk pemerintahan desa yang bebas dari narkoba, sehingga desa di Abdya melahirkan pemimpin yang bersih dan menjadi contoh bagi masyarakat yang dipimpinnya.

"Kalau ada pemimpin yang memakai narkoba baik sabu, ganja dan lainnya tentu tidak bisa dijadikan panutan oleh masyarakat, karena dia saja menggunakan barang tersebut," sebut Muslizar MT.

Kata Muslizar, wacana tes urine itu dilaksanakan sebelum dilaksanakannya pelantikan terhadap calon Pj Keuchik. Bila ada calon Pj yang kedapatan menggunakan narkoba maka pemerintah tidak akan melantik dan akan dibina atau rehabilitasi di rumah panti rehab pintu hijrah.

“Tes urine ini juga menindaklanjuti banyaknya peredaran sabu yang terjadi di Aceh, bahkan baru-baru ini di Aceh Barat dan Banda Aceh polisi juga menyita sabu sebanyak 2,5 ton,” tutupnya.

Sebelumnya seorang Sekretaris Desa (Sekdes) Gampong Pasar Blang Pidie, Kecamatan Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berinisial A dibekuk oleh Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya (Satresnarkoba) terkait kasus kepemilikan sabu.

Informasi yang didapatkan AJNN, Sekdes berinisial A tersebut sudah diamankan pihak kepolisian satu pekan yang lalu.

Saat dihubungi AJNN, Kasat Resnarkoba Polres Abdya, Iptu Henki Harianto membenarkan bahwa ada penangkapan seorang sekdes di wilayah hukum kabupaten berjulukan Breuh Sigupai.

“Ia benar ada penangakapan satu pekan lalu, yang kita tangkap seorang Sekdes Gampong Pasar Blangpidie,” kata Iptu Henki Harianto, kepada AJNN, Jumat (23/4/2021).

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...