Unduh Aplikasi

Sejumlah Warga di Aceh Barat Terjaring Razia Busana

Sejumlah Warga di Aceh Barat Terjaring Razia Busana
Foto: Ist

ACEH BARAT - Satuan Polisi Syariah (Wilayatul Hisbah) Kabupaten Aceh Barat dibantu Polres dan Polisi Militer menggelar razia busana di Jalan Gajah Mada atau tepatnya depan kantor bupati setempat, Kamis (24/10).

Dalam razia tersebut petugas menjaring sejumlah warga yang berbusana tidak sesuai qanun nomor 11 tahun 2002 tentang Busana Muslim.

Kepala Bidang Wiliyatul Hisbah, Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH), Haris mengatakan sejumlah pelanggar yang terjaring razia tersebut terdiri dari lelaki yang memakai celana pendek dan perempuan berpakaian ketat.

"Yang terjaring razia dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB itu berjumlah sepuluh orang, dan angka ini jelas menurun jika dibandingkan dengan tahun 2017 lalu yang mencapai 40 pelanggar," kata Haris.

Menurutnya, dari razia yang digelar selama enam kali pada tahun ini jumlah pelanggar yang terjaring tidak lebih dari sepuluh orang.

Turunnya angka pelanggar tidak terlepas dari kesadaran masyarakat yang terus meningkat dalam menggunakan pakaian sesuai dengan syariat islam.

"Selain itu juga tidak terlepas dari rasa malu mungkin setelah sebelumnya terjaring razia, sehingga mulai menggunakan pakaian sesuai syariat," ungkapnya.

Dikatakannya, bagi para pelanggar Qanun nomor 11 tahun 2002 itu diberikan peringatan, dan dicatat atas tindakan pelanggarannya, dan jika terulang maka akan dibawa ke kantor Satpol PP Dan WH untuk diberikan peringatan lebih.

Meski demikian, kata dia, sesuai dengan Qanun Nomor 11 tahun 2002 para pelanggar tidak mendapatkan sanksi selain peringatan, dan berbeda dengan para pelanggar yang diatur dalam Qanun Nomor 6 tahun 2014 tentang Jinayah.

Komentar

Loading...