Unduh Aplikasi

Sejumlah Tokoh Pejuang Provinsi ALA Gelar Rapat Konsolidasi di Bener Meriah

Sejumlah Tokoh Pejuang Provinsi ALA Gelar Rapat Konsolidasi di Bener Meriah
Sejumlah tokoh pejuang Provinsi ALA gelar rapat konsolidasi di Bener Meriah. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Sejumlah tokoh perjuangan Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA), menggelar rapat konsolidasi di ujung Bandara Rembele, Kampung Balee Atu, Bener Meriah, Rabu (23/9). 

Dalam pertemuan tersebut juga hadir Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi dan Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus dan sejumlah tokoh pejuang Provinsi ALA.

Ketua KP3 ALA Bener Meriah, Alwin Alahad kepada AJNN, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan konsilidasi dengan semua tokoh ALA yang dulu maupun yang sekarang. Kegiatan tersebut untuk memanfaatkan kemunculan kembali wacana pemekaran Provinsi Aceh.

"Pertemuan ini merupakan momentum yang luar biasa ini untuk menyuarakan kembali aspirasi masyarakat khususnya dalam rencana pemekaran dan pembentukan Provinsi ALA," ujar Alwin Alahad.

Alwin juga mengungkapkan kalau mereka akan segera menyusun sejumlah strategi untuk secara bersama - sama berjuang di enam kabupaten, dengan cara intelektual. Mereka akan menyiapkan hal yang bersifat strategis, seperti dokumen administratif, teknis maupun geografis.

"Data - data ini akan kita diskusikan lagi pada forum diskusi Sabtuan di Takengon nanti. Konsolidasi hari ini merupakan awal, selanjutnya akan ada forum yang lebih besar dalam bentuk sidang rakyat," ujar Alwin Alahad.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi dalam sambutannya mengatakan kalau mulai saat ini semua elemen harus terlibat dalam merumuskan sejumlah langkah perjuangan pembentukan provinsi ALA. Pemekaran Provinsi di Papua, akan menjadi ruang tepat bagi masyarakat di kawasan ALA untuk bangkit.

"Saya sangat terkejut dan bangga, dengan besarnya semangat dan banyaknya tokoh yang hadir hari ini. Ini menjadi baru untuk meneruskan pondasi perjuangan pendahulu kita, dimana mereka sudah meletakkan pondasinya,"

Dalam kesempatan itu Sarkawi meminta semua pihak untuk tidak meninggalkan peran para pendahulu. Ia dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan skala yang lebih besar dengan para pejuang provinsi ALA terdahulu. 

"Saya dan Ketua DPRK Bener Meriah akan segera membuat surat dukungan pembentukan Provinsi ALA," ungkapnya 

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus mengatakan kalau saat ini sudah waktunya pembentukan provinsi ALA.

Firdaus melihat bahwa dari grand desain Indonesia, memang akan lahir dua provinsi baru sampai tahun 2025, ini berarti pemerintah pusat sudah menjadikan isu ALA ini menjadi kepentingan nasional.

"Setelah moratorium pemekaran, kemarin perjuangan ALA sempat meredup, namun hari ini Presiden Joko Widodo ingin memekarkan Papua, dan ini secara tidak langsung sepertinya moratorium ini telah dicabut," ujar Firdaus

Untuk itu, Firdaus mengatakan momentum ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh tokoh masyarakat dan pemuda di wilayah ALA. 

Direktur Eksekutif Ramung Institute, Waladan Yoga yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan kalau pertemuan konsilidasi hari ini merupakan sebuah pertemuan yang luar biasa. 

Semua elemen hadir dan sepakat untuk memperjuangkan provinsi ALA. Padahal ditataran lokal secara politik mereka berseberangan. Tapi ketika berbicara ALA mereka bersatu padu.

"Ini sangat bagus sehingga menghilangkan kesan kalau perjuangan ini sebagai perjuangan elit semata," ujar Waladan Yoga.

Komentar

Loading...