Unduh Aplikasi

Sejumlah areal sawah di Aceh Besar dilanda kekeringan

Sejumlah areal sawah di Aceh Besar dilanda kekeringan
Ilustrasi Sawah Kering, Ilustrasi Sawah Kering

ACEH BESAR - Akibat musim kemarau yang terjadi sejak dua bulan lalu, petani di beberapa kecamatan di Aceh Besar mulai kepayahan mengairi sawahnya.


Beberapa kecamatan yang mengalami kekeringan yang cukup parah, seperti Lembah Seulawah, Seulimuem, Kuta Cot Glie dan Indrapuri.


Salah seorang petani di Cot Glie, Rajali mengakui saat ini dia mengalami kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah.


“Jika musim kemarau, hujan tidak turun, padi bisa kering,” katanya saat dijumpai AJNN.net, Selasa (11/2) tak jauh dari sawahnya.


Untuk mendapatkan air Rajali harus bersusah payah, setiap minggu sebanyak dua kali dia menampung air dari sungai kemudian dengan menggunakan mesin pompa, air tersebut dialirkan ke sawah. Bukan hanya Rajali para petani lainnya juga melakukan hal yang sama.


“Kalau sawah dekat sama sungai mudah, tapi kalau jauh kami terpaksa cari mesin air mengunakan selang mencapai seribu meter. Kalau gagal panen kami bisa mati kelaparan,” tambahnya.


Pantauan AJNN.net di sepanjang jalan Medan – Banda Aceh kawasan Lambaro hingga Lembah Seulawah kondisi sawah memang mulai mengering. Bahkan tanah ada yang mulai retak.


Rajali berharap musim kemarau segera berakhir, sehingga mimpinya mendapatkan hasil panen yang berlimpah bisa terwujud.


| HENDRIK ABIK

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...