Unduh Aplikasi

Sejatinya Indonesia

Sejatinya Indonesia
Ilustrasi: pixzen

MUDIK itu adalah sejatinya orang Indonesia. Mudik bukan sekadar membeli tiket bus untuk keluarga atau menyewa kendaraan untuk dibawa ke kampung. 

Karena bagi orang Indonesia, kampung halaman, walapun di kota, adalah rumah yang sebenarnya. Tujuannya jelas, untuk berkumpul bersama keluarga. Sanak famili. Atau kawan-kawan lama yang tersisa. 

Lewat tradisi mudiklah Indonesia menjaga peradaban. Di sini, berbagai peristiwa kultural terjadi. Mudik adalah peristiwa budaya. Di sinilah seorang menjaga agar tetap sadar siapa jati dirinya.

Karena itu, tak peduli seberapa besar risiko yang dihadapi saat mudik, orang Indonesia akan berusaha untuk melakukannya. Segala dampak ekonomi, segala keruwetan perjalanan menjadi indah saat membayangkan kampung halaman. 

Di sinilah seharusnya pemerintah hadir. Mereka seharusnya melakukan hal untuk memastikan budaya ini terus berjalan. Bahkan di tengah pandemi. Pemerintah, misalnya, perlu membuat mekanisme yang lebih baik agar proses pergeseran sementara masyarakat ini dari satu titik ke titik lain.

Pemerintah harus memahami bahwa budaya mudik bukan hanya milik satu agama saja. Saat Idul Fitri, tak peduli Kristen atau Budha, mereka ikut merayakan mudik tentu dengan tradisi sendiri. 

Jadi, pemerintah tak perlu mengeluarkan larangan untuk mudik. Hal itu hanya akan menimbulkan banyak kebencian terhadap pemerintah. Toh larangan ini, di lapangan, hanya menambah-nambah masalah. Karena saat larangan dibuat, mudik tetap menjadi sebuah pilihan penting.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...