Unduh Aplikasi

Sejak July 2014, biaya pencatatan nikah gratis.

PIDIE JAYA-Kantor Kementrian Agama (KaKemenag) Kabupaten Pidie Jaya tidak akan mentoleril setiap pasangan yang menikah di Kadhi Liar, bagi penyuluh agama yang melakukan hal tersebut akan langsung diberhentikan dari penyuluh agama. Sebab bagi calon pengantin yang hendak menikah tidak lagi dipungut biaya apapun untuk pencatatan pernikahan.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementrian setempat, Drs, Ilyas Muhammad, MA, kepada AJNN, kamis (4/12) mengatakan, pihaknya tidak membenarkan setiap warga yang hendak menikah melangsungkan pernikahannya  pada Kadhi liar, bagi pasangan tersebut Kemenag kabupaten Pidie Jaya tidak akan melakukun pencatatan pernikahan terhadap mereka.

" Pasangan yang menikah dibawah tangan atau nikah liar ini sangat tidak bisa kami tolereril dan kalau kedapatan penyuluh agama yang melakukan itu akan diberhentikan dari penyuluh agama," kata Ilyas Muhammad.

Ia menuturkan, apabila pasangan yang menikah di bawah tangan tersebut ingin mendapatakan buku nikah dari Kantor Urusan Agama (KUA) di masing masing kecamatan, mereka harus mau dinikahkan ulang untuk dilakukan pencatatan. Tapi tanggalnya pencatatannya tidak dapat dimundurkan.

"Kalo tidak mau dinikahkan ulang di KUA, pasangan yang menikah di kadhi liar itu bisa mengajukan untuk dilakukan pencatatannya ke Pengadilan Syariah, terserah nanti bagaimana keputusan dari pengadilan Syariah mengabulkannya atau tidak," tuturnya.

Selain itu, dia mamaparkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 tahun 2014, tentang pencatatan biaya pernikahan. Calon pengantin tidak lagi dipungut biaya pernikahan di kantor (KUA_red).
Namun bagi Calon Pengantin (Catin) yang hendak menikah di laur kantor, dikenakan biaya pencatatanya sebesar Rp 600 ribu." biaya tersebut disetorkan langsung oleh catin ke rekening khusus, KUA tidak dibenarkan memungut biaya apapun dari Catin," paparnya.

Ilyas Muhammad menjelaskan, sampai dengan bulan November 2014, dikabupaten Pidie Jaya sudah sebanyak 1113 pasangan telah melakukan akad nikah. semuanya sudah dilakukan pencatatan di KAU masing masing kecamatan. Jumlah tersebut akan bertambah lagi dan diperkirakan akan lebih besar dari jumlah pasangan yang menikah di tahun 2013. Disebutkannya, tahun 2013 pasangan yang melangsungkan akad nikas sebanyak 1297 pasangan.

Menurutnya, tahun ini kantor Kemenang kabupaten Pidie Jaya akan melakukan isbat nikah bagi 1167 pasangan yang belum memiliki buku nikah, data tersebut berdasarkan data yang diserahkan oleh LOGICA2. " yang di isbat adalag pasangan yang menikah saat konflik sampai dengan Tsunami di Aceh," paparnya.

IKHSAN PM

Komentar

Loading...