Unduh Aplikasi

Sejak Covid-19, Omset Pedagang Textile di Meulaboh Turun Miliaran Rupiah

Sejak Covid-19, Omset Pedagang Textile di Meulaboh Turun Miliaran Rupiah
Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Pandemi Covid-19 membuat omset pedagang kain bakal atau textile di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menurun hingga miliaran rupiah. Dimana pada tahun 2020 misalnya, sejak Covid-19 mewabah di Indonesia, omset pedagang textile harus merosot tajam, hal itu disebabkan karena daya beli masyarakat yang berkurang

Fendi, salah seorang pedagangan textile di Meulaboh mengaku tahun 2020 merupakan tahun yang paling berat bagi mereka penjual kai. Pasalnya penurunan itu terjadi hingga 50 persen dari tahun-tahun bisasanya.

"Tahun 2020 itu menjadi tahun yang berat bagi kami bang. Untuk omset kami turun 50 persen. Biasanya kami membukukan penjualan Rp 6 miliar lebih setahun, tapi tahun 2020 kemarin hanya Rp 3 miliar," kata Fendi, Sabtu (6/3).

Untuk mengejar target penjualan akhir tahun 2020, ia terpaksa melakukan obral kain bakal yang dijual di tokonya. Dilihat dari perkembangan awal tahun 2021 ini, ia mengaku kalau penjualan kain bakal juga masih sepi pembeli.

"Kami berharap pandemi ini cepat berlalu sehingga kembali normal, dan jumlah barang terjual bisa seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Fendi.

Komentar

Loading...