Unduh Aplikasi

Seekor Harimau Sumatera Ditemukan Mati di Kawasan Hutan Aceh Selatan

Seekor Harimau Sumatera Ditemukan Mati di Kawasan Hutan Aceh Selatan
Ilustrasi harimau sumatera. (Shutterstock)

ACEH SELATAN- Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menemukan satu ekor harimau mati di kawasan hutan, Desa Kapai Sesak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan.

Seokor harimau tersebut ditemukan mati pagi tadi, saat tim BKSDA Aceh hendak memindahkan file kamera track untuk melihat keberadaan sejumlah harimau yang selama ini sering muncul di pemukiman penduduk daerah itu.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Hariyanto mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum tahu penyebab kematian harimau sumatera itu, lantaran baru dilaporkan pagi tadi oleh timnya.

"Sekarang kita sudah utus tim medis ke sana untuk melakukan pemeriksaan penyebab kematian dan kapan matinya. Kita mengetahui langsung dari tim kita yang saat itu sedang berupaya memindahkan file kamera tracking sebelum dipasang kembali mengintai keberadaan sejumlah harimau sumatera itu," kata Agus Hariyanto, saat dihubungi melalui selularnya.

Agus menjelaskan, saat ini di kawasan tersebut memang sedang terjadi konflik antara manusia dan harimau dan tim tersebut memang sedang memantau keberadaan hewan yang bernama latin Phantera trigis sumaterae itu.

Ia menjelaskan, lokasi penemuan harimau mati tersebut berjarak sekitar 2,5 kilo meter dari pemukiman warga Desa Kapai Sesak atau ditengah hutan.

"Saat ini kita sudah minta tolong kepada Kepolisian setempat untuk melakukan pengamanan terhadap harimau mati itu," ungkapnya.

Menurut Agus, keberadaan harimau itu selama ini lantaran adanya perubahan kawasan hutan yang selama ini telah menjadi area hutan produksi atau Area Penggunaan Lain (APL) sehingga sang harimau kelihangan daerah perlintasan atau habitatnya.

Komentar

Loading...