Unduh Aplikasi

Seekor Gajah Sumatera Terluka Terkena Jerat di Bireun

Seekor Gajah Sumatera Terluka Terkena Jerat di Bireun
Petugas perlihatkan jerat yang mengenai kaki seekor gajah Sumatera. Foto: Dok BKSDA

BANDA ACEH - Seekor gajah Sumatera mengalami luka di bagian kaki akibat terkena jerat di kawasan hutan, Kecamatan Juli, Bireun. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto menyebutkan gajah liar diperkirakan berusia tujuh tahun itu terjerat selama tiga minggu dan terluka di pergelangan kaki kanan depan. 

"Awalnya kami dapat informasi dari warga ada seekor gajah yang terjerat, tim langsung menuju ke lokasi. Jenis jerat yang melukai gajah ini adalah jenis jerat seling," kata Agus, Senin (24/2).

Setelah tim turun ke lapangan, kata Agus, gajah tersebut berhasil diselamatkan oleh personel BKSDA dan Conservation Response Unit (CRU) DAS Peusangan, serta didampingi dengan tim medis dari Pusat Kajian Satwa Liar (PKSL) Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah.

"Saat ini kondisi gajah Sumatera tersebut sedang dalam perawatan medis oleh petugas," ujarnya. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh telah melakukan kegiatan Operasi Sapu Jerat dibeberapa titik kawasan hutan di Provinsi Aceh, dari operasi itu ditemukan puluhan jerat yang terpasang di lokasi kegiatan operasi tersebut.  

"Maraknya pemasangan jerat di kawasan hutan merupakan salah satu ancaman terbesar bagi keberlangsungan hidup satwa liar ini, khususnya bagi satwa yang dilindungi seperti gajah Sumatera," ungkapnya.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...