Unduh Aplikasi

Sebagian Warga Abdya Laksanakan Puasa pada Sabtu

Sebagian Warga Abdya Laksanakan Puasa pada Sabtu
Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Sebagian masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tidak melaksanakan puasa pertama sesuai ketetapan pemerintah yakni Jumat 24 April 2020. Kebanyakan warga disana mengambil 1 Ramadan pada Sabtu, 25 April 2020.

Keputusan tersebut sesuai dengan hasil pemantauan hilal serta pembahasan sidang isbat oleh Tim Rukyatul Hilal Abdya, di Masjid Jamik Blangpidie, Kamis malam (23/4)

"Hasil keputusan sidang, puasa pertama jatuh pada hari Sabtu (25 April 2020)," kata pimpinan sidang isbat setempat, Teungku Azhar.

Tgk Azhar menyampaikan, keputusan tersebut disimpulkan setelah dilaksanakannya pemantauan hilal di sejumlah titik, antara lain di Kecamatan Manggeng, Lembah Sabil dan Susoh kabupaten setempat. Bahkan sampai ke Aceh Selatan.

"Tim juga memantau hilal sampai ke Aceh Selatan, di sana hilal juga tidak terlihat," ucapnya.

Salah seorang jamaah sidang, Nazaruddin menjelaskan, sidang yang berlangsung terbuka untuk umum itu dipimpin oleh setiap perwakilan yang ikut memantau hilal guna memberikan keterangan terhadap amatannya.

"Tadi (saat sidang berlangsung) semua menjawab tidak melihat, sehingga diputuskan puasa pertama pada hari Sabtu," ujarnya.

Meski demikian, juga banyak masyarakat di daerah yang berjuluk brueh sigupai itu melaksanakan puasa pertama besok pagi sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Pantauan AJNN, sejumlah masjid disana sudah melaksanakan salat tarawih, termasuk masjid Agung Abdya yang baru saja diresmikan tersebut.

Seperti diketahui, hasil sidang itsbat oleh pemerintah pusat di Jakarta, 1 Ramadan 1441 Hijriah ditetapkan pada Jum'at, 24 April 2020.

Hal itu berdasarkan kesaksian di beberapa wilayah untuk dijadikan dasar penetapan awal ramadan 1441 Hijriah oleh Menteri Agama RI, Jenderal (Purn) Fachrul Razi. 

Komentar

Loading...