Unduh Aplikasi

SBY dan Semangat Optimisme

SBY dan Semangat Optimisme
Rian Syaf bersama SBY. Foto: Ist

Oleh: Rian Syaf

9 September 2020, Presiden RI ke 6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono merayakan hari lahir yang ke 71. Beliau adalah tokoh Bangsa yang selalu menggelorakan arti penting Optimisme dalam segala hal. Sejarah mencatat bagaimana cobaan, krisis dan tantangan yang dihadapi, khususnya ketika memimpin Negara, tak pernah sedikitpun beliau menunjukkan pesimisme terhadap masa depan Indonesia.

Harapan untuk Indonesia menjadi bangsa besar dan maju terus digaungkan. “Hanya dengan Berpikir dan Berkarya Besar, Bangsa ini akan menjadi Bangsa yang Besar” begitu ungkap beliau. Pikiran, ide, gagasan beliau dalam segala hal menunjukkan bagaimana optimisme bangsa harus terus dirawat dan dikampanyekan.

Dalam 10 tahun kepemimpinan sebagai Kepala Negara, beliau menunjukkan bagaimana keraguan dan pesimisme dari sebagian kelompok dijawab dengan pikiran, kerja, dan karya nyata. Itulah implementasi dari optimisme versi SBY. Beliau percaya jika niat, tujuan, dan konsepnya terukur dan baik, maka hasilnya akan baik. Walau terkadang tak akan mampu memuaskan semua pihak. _Keep going, time has its own ways of revealing the truth!_

Dalam urusan merawat demokrasi, beliau juga menunjukkan bagaimana optimisme harus dikedepankan. Negara demokratis hanya akan terwujud jika pemimpinya memiliki keyakinan dan ‘Goodwill’ dalam menjalankan asas demokrasi, serta rakyat yang percaya kepada kepemimpinan yang mampu memenuhi harapan mereka. Dan kunci dalam memadukan rakyat dan pemimpinnya adalah optimisme. Inilah yang selalu ditunjukkan oleh seorang SBY; baik dalam pikiran dan perbuatan.

Sehingga, tak berlebihan jika saya mangajak kita bersyukur pernah memiliki pemimpin seperti SBY dan mencoba meneladani nilai optimisme yang selalu diajarkan. Sosok seperti beliau ideal untuk memimpin Bangsa yang majemuk dan beragam.

Pemimpin yang tak pernah pesimis, beliau adalah demokrat sejati yang mengajarkan bahwa kekuasaan bukanlah tujuan, tapi jalan untuk mewujudkan harapan rakyat.

“Hidup hanya sekali adalah kuasa Tuhan. menjadi berguna atau tidak adalah pilihan kita”. (Susilo Bambang Yudhoyono).

_Selamat Ulang Tahun Pak SBY!_

Penulis adalah Kepala Biro Komunikasi dan Informatika Departemen Luar Negeri dan Keamanan Nasional Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat

Komentar

Loading...