Unduh Aplikasi

Satu Lagi Warga Gayo Lues Positif Covid-19, Total Jadi 15 Orang

Satu Lagi Warga Gayo Lues Positif Covid-19, Total Jadi 15 Orang
Ilustrasi. Foto: Net

GAYO LUES - Satu lagi warga Gayo Lues positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan di Balitbangkes Aceh dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gayo Lues, dr. Safwan Azhari, Sp.B kepada AJNN mengatakan pasien yang sudah dipastikan positif tersebut berinisial SBJ (19) berjenis kelamin laki-laki dan berdomisili di kecamatan Putri Beutong, Gayo Lues. Sebelumnya SBJ juga sudah dilakukan Rapid Test, saat itu hasilnya juga positif.

"Benar, hasil pemeriksaan PCR telah kami terima tadi jam 15.30 WIB," ujar Safwan Azhari, Selasa (5/5) melalui seluler dari Gayo Lues.

SBS merupakan santri di pesantren Al -Fatah, Temboro Kabupaten Magetan Jawa Timur yang pulang ke Gayo Lues sekitar 20 hari yang lalu. Saat pulang SBJ mengunakan mobil sewa, dalam
mobil tersebut ada sekitar 4 orang, yang saat ini mereka sudah diisolasi.

Saat pulang ke Gayo Lues kondisi santri ini tanpa gejala sakit apapun, dia menyampaikan kepada petugas Gugus Tugas Covid-19 bahwa sudah menjalani karantina selama 14 hari di pesantren Al-Fatah, Temboro. Hal ini dibuktikan dengan surat sudah menjalani karantina dari tempat dia menuntut ilmu.

"Jadi dia merasa sudah bebas dari virus tersebut. Seharusnya kalau positif santri ini harus dikarantina selama 33 hari. Untuk ini kita harus banyak melakukan sosialisasi bang," ujar Safwan Azhari.

Safwan juga menjelaskan bahwa saat ini semua anggota Keluarga dan orang - orang sempat kontak fisik langsung dengan pasien sudah dilakukan Rapid Test pertama dan hasilnya negatif, tapi pihaknya akan melakukan Rapid Test kedua.

"Rapid Test ini juga dilakukan bagi petugas kesehatan yang sempat menangani pasien ini, Alhamdulillah hasilnya negatif," ungkap Safwan.

Pasien sendiri saat ini masih berada di tempat Isolasi yang terletak BLK Gayo Lues. Menurut Safwan, usai hasil Rapid Test beberapa waktu lalu SBJ langsung diisolasi di BLK.

"Malam ini tim Gugus Tugas Covid-19 Gayo Lues akan menentukan sikap apakah merujuk pasien ini ke RSUDZA atau dirawat di Gayo Lues," kata Pria yang juga dokter spesialis Bedah ini kepada AJNN.

Safwan juga mengungkapkan kalau usai dipastikan positif, Tim Gugus Tugas Covid-19 Gayo Lues bergerak cepat dengan melakukan tracking ulang siapa saja yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien tersebut.

Hingga hari ini, Selasa 5 Mei, total pasian positif covid di Aceh sebanyak 15 orang, meliputi Banda Aceh 2 orang, Aceh Besar 3 orang, Pidie 1 orang, Lhokseumawe 1 orang, Aceh Taming 4 orang, Bener Meriah 1 orang, Gayo Lues 2 orang dan Abdya 1 orang.

Dari 15 pasien tersebut, 1 diantaranya meninggal dunia, 9 orang sembuh, dan 5 lainnya masih dirawat.

Komentar

Loading...