Unduh Aplikasi

Satu Buronan Terpidana Korupsi Ditangkap Tim Tabur Kejati Aceh

Satu Buronan Terpidana Korupsi Ditangkap Tim Tabur Kejati Aceh
Konferensi pers Kejati Aceh terkait penangkapan buronan terpidana korupsi. Foto: AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Satu buronan terpidana korupsi atas nama Muammar Khadafi bin Jailani ditangkap tim Tabur Kejaksaan Tinggi Aceh dirumahnya di desa Jurong Peujera, Ingin Jaya, Aceh Besar sekira pukul 15.00 WIB, Kamis (28/1).

Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Muhammad Yusuf menyebutkan terpidana Muammar Khadafi merupakan buronan dalam perkara tindak pidana korupsi di Kabupaten Aceh Selatan tahun tahun anggaran 2008.

Terpidana ini, lanjut Kajati, merupakan rekanan proyek pekerjaan renovasi studio penyiaran beserta kelengkapannya dengan nilai kontrak Rp1,1 miliar dengan kerugian negara Rp619 juta.

"Di pengadilan negeri setempat yang bersangkutan di vonis satu tahun. Sedangkan putusan Mahkamah Agung, terpidana divonis 4 tahun penjara serta denda Rp200 juta dan membayar uang pengganti Rp 163 juta," kata Kajati Aceh didampingi Aspidsus, R Raharjo Yusuf.

Terpidana Muammar Khadafi ini, sebut Kajati, telah masuk daftar pencarian orang atau buronan Kejaksaan sejak 29 Maret 2016 lalu.

"Setelah putusan inkracht, terpidana melarikan diri saat dieksekusi. Sudah empat tahun jadi buronan kita," ujarnya.

Dalam penangkapan buronan terpidana korupsi ini tidak ada perlawanan. Tim Tabur Kejati Aceh telah melakukan pemantauan dan pengintaian terhadap DPO selama tiga Minggu di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

"Ini penangkapan buronan yang ke lima, masih ada sekitar 40 buronan lagi masih dalam pemantauan tim Tabur Kejati Aceh. Saya  menghimbau agar mereka menyerahkan diri," ungkapnya.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...