Unduh Aplikasi

Satpol PP dan WH Aceh Jaya Kekurangan Anggaran untuk Tegakkan Syariat Islam

Satpol PP dan WH Aceh Jaya Kekurangan Anggaran untuk Tegakkan Syariat Islam
Kasie Lidik WH Aceh Jaya, Razali saat memberikan keterangannya. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Kabupaten Aceh Jaya, Supriadi melalui Kasie Lidik, Razali mengaku pihaknya sangat keterbatasan anggaran operasional untuk menegakkan syariat Islam di wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Pasalnya, anggaran operasional yang tersedia untuk melakukan razia atau patroli serta untuk eksekusi kasus bagi pelanggar syariat Islam di Aceh Jaya sangat terbatas.

"Anggaran kita sangat terbatas, ini jelas menghambat kinerja tim Satpol PP dan WH untuk menegakkan syariat Islam," kata Razali, Kamis (22/10).

Katanya, dalam DPA Satpol PP dan WH Aceh Jaya anggaran yang tersedia untuk patroli rutin hanya 6 kali per tahun, sementara kita melaksanakannya 12 kali minimal per tahunnya.

Selain itu, anggaran yang tersedia untuk pelaksanaan cambuk hanya sebanyak 2 kali per tahun, sedangkan pihaknya sudah melaksanakan 3 kali eksekusi cambuk pada tahun 2020.

"Jadi jangankan cukup, belum habis tahun aja kita sudah terhutang," ungkapnya.

Pihaknya juga mengaku setiap tahun ada pengusulan tambahan dana operasional untuk penegakkan syariat Islam, namun selalu ditolak. Sehingga mau tidak mau pihaknya tetap menjalankan tugas dengan anggaran serba kekurangan.

Sementara itu, pihaknya juga berharap jika ada pos anggaran terkait penegakan syariat Islam supaya bisa dianggarkan langsung di Satpol PP dan WH Aceh Jaya karena lembaga Satpol PP dan WH Aceh Jaya sudah jelas lading sektor membidangi penegakan syariat Islam.

"Kita melihat selama ini ada juga pos anggaran yang belum tepat sasaran, jadi kedepan kita berharap anggaran operasional Satpol PP dan WH Aceh Jaya harus ditambah sesuai kebutuhan," pinta Razali.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...