Unduh Aplikasi

Satpol PP Abdya Kembali Tertibkan Pedagang Kaki Lima

Satpol PP Abdya Kembali Tertibkan Pedagang Kaki Lima
ACEH BARAT DAYA - Puluhan personil satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dikerahakan untuk menertibkan sejumlah pedagang pasar.

Pasalnya, selain tidak mengindahkan peringatan lapak para pedagang juga kerap menganggu aktivitas para pengedara di Jalan Haji Ilyas.

"Tadi pagi puluhan personil kita kerahkan untuk menertibkan sejumlah pedagang yang berada di jalan Haji Ilyas," ungkap Kasat Pol PP Abdya, Riat kepada AJNN Senin (29/8) di Blangpidie.

Menurutnya, penertiban itu dilakukan pihaknya setelah menerima keluhan dari warga dan hasil pantauan petugas selama ini.

"Memang dari awal sudah kita pantau dan juga didasari oleh laporan masyarakat sehingga kita tertibkan," ujar Riad.

Padahal tambah Riad, sebelum dilakukan penertiban pasar, pihaknya terlebih dahulu telah melakukan pendekatan dengan para pedagan secara persuasif, namun hal itu sering tidak diindahkan.

"Sebelum kita tertibkan, terlebih dahulu kita beritahu kepada mereka, bahwa tempat dagangan sudah memakan badan jalan dan itu tidak dibolehkan," tuturnya.

Namun lanjut Riad, peringatan yang telah disampaikan petugas sering dianggap sepele oleh pedagang sehinga terkadang pihaknya harus menempuh cara-cara paksa.

"Kita sudah berniat baik, namun disaat mereka juga membandel, dengan terpaksa barang mereka kita angkat," ulasnya.

Apalagi sambung Riad, yang dilakukan Satpol PP bukan didarasri kepentingan pribadi melainkan berdasarkan aturan dan kepentingan bersama.

"Walaupun terkadang ada perlawanan dari pedagang, tetap kita tertibkan sebab yang kita jalankam sesuai dengan aturan," paparnya.

Amatan dilapangan, Personil Satpol PP Abdya, tidak saja menertipkan lapak pedagang kaki lima yang memakai badan jalan, tetapi juga menertibkan parkiran yang memakai badan jalan dan proses bongkar muat yang bukan pada tempatnya.

Diberitakan sebelumnya, Aktivitas para pedagang Pasar Pagi di Jalan H Ilyas Kota Blangpidie dan sekitarnya, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) setiap paginya terlihat begitu amburadul. Pasalnya lapak yang digelar oleh para pedagang hingga memakan badan jalan. Akibatnya, para pengendara baik roda dua dan empat mengeluh karena susah untuk melaluinya.

"Sekarang saya mulai bosan melewati Jalan H Ilyas terutama saat pagi karena aktivitas para pedagang susah mulai meresahkan. Mereka sudah keenakan berjualan dan tidak memikirkan lagi penguna jalan," kata Rikky, salah seorang warga Kecamatan Blangpidie kepada AJNN Jumat (29/7) lalu.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...