Unduh Aplikasi

Sarkawi Mulai Cari Wakil Bupati, Minta Partai Pengusung Kirim Dua Nama Calon

Sarkawi Mulai Cari Wakil Bupati, Minta Partai Pengusung Kirim Dua Nama Calon
Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi. Foto AJNN/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi mengirim surat penting kepada partai politik pengusung terkait pengisian posisi wakil Bupati yang selama ini kosong. Surat dengan Nomor : 132/154 tertanggal 27 Januari 2020 tersebut berisi perihal pengisian Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah sisa jabatan 2017-2022. 

Dalam surat yang ditujukan kepada pimpinan partai politik pengusung tersebut, Bupati Sarkawi meminta pimpinan partai politik agar dapat mengusulkan dua nama calon wakil bupati yang akan mendampingi dirinya pada sisa masa jabatan 2017 - 2022 untuk disampaikan pihaknya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah. 

Dari surat yang diperoleh AJNN dari Kabag Humas Setdakab Bener Meriah, Wahidi pada Kamis malam, (30/1) tercantum bahwa selain kepada pimpinan partai politik di Bener Meriah, surat penting itu juga di tembusannya dikirim ke Menteri Dalam Negeri, Gubernur Aceh, Ketua DPRK Bener Meriah, dan Ketua KIP Kabupaten Bener Meriah di Redelong.

Surat Sarkawi terkait meminta nama calon Wakil Bupati Bener Meriah. Foto: For AJNN

Sebelumnya, pihak DPRK Bener Meriah telah menyurati Bupati untuk melakukan koordinasi terkait pengisian posisi wakil Bupati. Dalam surat Nomor : 170/ 04/ DPRK tanggal 3 Januari 2020 dan ditandatangani oleh ketua M Saleh, DPRK Bener Meriah mengemukakan surat yang mereka kirimkan ini untuk meneruskan aspirasi masyarakat yang mendesak dipilihnya wakil Bupati Bener Meriah yang baru.

Pada pilkada tahun 2017 yang lalu Pasangan Tgk H Sarkawi - Ahmadi diusung oleh beberapa partai politik yaitu Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Damai Aceh (PDA) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Mekanisme pengisian Wakil Bupati Bener Meriah ini sudah diatur dengan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh Pasal 54 Ayat (3).

Surat Sarkawi terkait meminta nama calon Wakil Bupati Bener Meriah. Foto: For AJNN

Jabatan wakil Bupati Bener Meriah sudah lama kosong. Kekosongan ini terjadi setelah bupati sebelumnya Ahmadi ditangkap KPK karena melakukan tindak pidana gratifikasi dan divonis bersalah oleh pengadilan Tipikor.

Kemudian Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT, melantik dan mengambil sumpah Sarkawi menjadi Bupati Bener Meriah untuk sisa masa jabatan 2017- 2022 dalam Sidang Istimewa DPRK Bener Meriah pada hari Selasa 30 April 2019 di gedung DPRK Bener Meriah, Redelong.

Komentar

Loading...