Unduh Aplikasi

Sarjana Bukan Jurusan Keguruan Bisa Mendaftar PPPK Guru di Aceh Singkil

Sarjana Bukan Jurusan Keguruan Bisa Mendaftar PPPK Guru di Aceh Singkil
Ilustrasi PPPK. Foto: IST/net.

ACEH SINGKIL - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil memastikan guru-guru honorer yang ijazahnya tidak linier (jurusan khusus) tetap bisa mendaftar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.

"Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan yang ditujukkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/ Kota," ujar Kepala BKPSDM Aceh Singkil Ali Hasmi kepada AJNN Minggu (18/7/2021).

Bahwa, sebutnya, linieritas pendidikan bagi guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang bukan lulusan jurusan pendidikan, bisa mengambil jurusan yang linier.

Dia mencontohkan seperti Sarjana Syariah dapat mengajar Agama Islam, Sarjana Ekonomi, dapat mengambil Jurusan Prakarya dan lulusan sarjana lain dengan catatan terdaftar pada Dapodik.

"Pada poin empat di SE itu, mereka yang belum memiliki sertifikat mengajar, tapi terdaftar di Dapodik. Banyak yang mengajar tapi bukan dari sarjana pendidikan, dapat mendaftar PPPK Guru asalkan terdaftar di Dapodik," ungkapnya.

Ia menyebut dengan ini, terbuka kesempatan yang sangat lebar bagi mereka yang telah lama mengajar namun bukan dari sarjana pendidikan untuk menjadi ASN dari jalur PPPK Guru.

Saat ini update pelamar formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non-Guru per Jumat 16 Juli 2021 pukul 15.00 WIB. Sebanyak 1.879 pelamar telah mengisi formulir pendaftaran CPNS pelamar. 1.361 orang pelamar sudah mengirim (submit), sedangkan 518 orang belum submit.

Pemkab Aceh Singkil membuka formasi kebutuhan ASN sebanyak 737 formasi ASN. Rinciannya, CPNS sebanyak 88 formasi, PPPK Guru 509 formasi dan PPPK Non-Guru sebanyak 140 formasi.

Dari 88 formasi CPNS yang dibutuhkan, 1.079 orang telah mendaftar, 653 yang telah submit dan 426 yang belum submit.

"Pelamar yang paling banyak pada formasi Analis bimbingan usaha. Apda formasi ini, sebanyak 96 pelamar sudah mendaftar, yang sudah submit 47, sementara hanya 1 formasi yang dibutuhkan," ungkapnya.

Kemudian formasi PPPK Guru dari 509 yang dibutuhkan, 600 orang telah mendaftar, 576 yang telah submit dan 24 belum submit.

"Peserta paling banyak Guru Kelas sebanyak 254 pelamar, yang sudah submit 245 dari kebutuhan formasi sebanyak 226,"tukasnya.

Sementara Pelamar paling sedikit adalah formasi Guru TIK Ahli Pertama. Ada 47 formasi, sementara yang mendaftar baru 6 orang, yang submit 3 orang. Untuk formasi Guru Agama Islam, dari 26 formasi yang dibutuhkan, yang mendaftar 154 orang dan yang submit 149 orang.

Sementara untuk formasi PPPK Non-Guru dari 140 yang dibutuhkan, 200 orang telah mendaftar, 132 pelamar telah submit dan 68 belum submit.

Bagi pelamar yang belum submit agar segera melakukan submit, dikhawatirkan akan terjadi sistem sibuk pada Portal sscasn.bkn.go.id jelang batas terakhir pendaftaran

"Jangan tunggu sampai batas akhir, karena takutnya portal sscasn.bkn.go.id terjadi kepadatan data menyebabkan gagal submit,"ujarnya.

|KHAIRUMAN

Komentar

Loading...