Unduh Aplikasi

Pelanggar Prokes di Bener Meriah Diumumkan Secara Terbuka ke Publik

Pelanggar Prokes di Bener Meriah Diumumkan Secara Terbuka ke Publik
Petugas gabungan sedang melakukan sosialisasi Perbup penegakan hukum protokol kesehatan. Foto: Ist

BENER MERIAH - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah akan memberikan sanksi kepada semua pelanggar protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19.

Sanksi tersebut berupa teguran lisan, teguran tertulis, jaminan kartu identitas, dan kerja sosial serta pengumuman secara terbuka kepada publik.

Selain itu, pelanggar juga dikenakan denda administratif, penghentian sementara kegiatan sampai penghentian tetap kegiatan, pembekuan izin usaha atau rekomendasi pembekuan izin usaha bahkan sampai kepada pencabutan izin usaha.

Semua sanksi itu diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 21/2020 adalah tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Bener Meriah.

"Sebelum penerapan sanksi, kita lalukan sosialisasi sebagaimana yang diatur dalam Perbup tersebut. Masa sosialisasi dilakukan selama dua minggu," ujar Asisten III, Sekdakab Bener Meriah, Suarman, Jumat, (18/9) saat mengadakan Vidcon dengan Forkopimda Aceh di ruang Media Centre Kabupaten Bener Meriah

Menyangkut koordinasi, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan semua unsur, baik Forkopimda, Forkopimda Plus serta Forkopimcam.

Terkait dengan pelaksanaan sanksi administratif ditetapkan dalam bentuk surat pengenaan sanksi yang ditandatangani oleh pejabat atau petugas yang berwenang.

“Kami mengimbau kepada camat dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah untuk mengingatkan warganya agar memperhatikan protokol kesehatan. Apalagi masyarakat yang ingin melakukan aktifitas diluar rumah, ini tetap kita anjurkan menggunakan masker,” ujar Suarman.

Kepada para para camat juga diminta untuk menyampaikan kepada para Reje Kampung yang ada dalam wilayahnya. Lalu Reje meneruskan kepada warganya tentang perlunya mematuhi protokol kesehatan.

Suarman juga  berharap imbauan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya juga mengingatkan agar kalaupun harus keluar rumah, untuk tidak lupa  menjalankan protokol kesehatan seperti pemakaian masker.

“Kesadaran masyarakat dan keikhlasan untuk memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan, hal itu sangat kita harapkan," ujar Suarman didampingi oleh Kabag Tapem Setdakab Bener Meriah, Khairmansyah.

Komentar

Loading...