Unduh Aplikasi

Sambut Ramadhan Pantai di Aceh Barat Padat, Warga Abaikan Protokol Covid-19

Sambut Ramadhan Pantai di Aceh Barat Padat, Warga Abaikan Protokol Covid-19
Warga memadati lokasi wisata di Aceh Barat. Foto: AJNN/Darmansyah

ACEH BARAT - Ribuan warga memadati kawasan objek wisata Pantai Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat Kamis, (23/4). Warga dari berbagai tingkatan usia terlihat antusias menikmati lokasi wisata di sepanjang pantai.

Pemandangan ini lumrah dijumpai menyambut tibanya bulan suci Ramadhan setiap tahunnya. Akan tetapi, ditengah pandemi global Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), seyogyanya ritual tak wajib ini dapat ditiadakan.

Masyarakat terkesan abai terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Mirisnya, pengunjung terlihat berkerumun. Phisical distancing tak diindahkan warga, sebagai salah satu cara pemutusan penyebaran corona.

Menanggapi persoalan, Juru Bicara Gugus Percepatan Penanggulangan Covid-19 Aceh Barat, Amril Nuthihar, mengatakan jika Forkopimda telah memberi imbauan agar pemilik warung kopi dan kafe agar menerapkan pemberlakuan phisical distancing.

Namun, kata Amril, ia tidak tahu pasti kenapa pemilik kafe dilokasi wisata Pantai Suak Timah tidak menerapkan jaga jarak fisik terhadap pengunjung kafe disana.

“Untuk himbauan kita sudah lakukan. Memang kalau untuk sanksi belum ada karena baru bersifat himbauan agar dilakukan jaga jarak dan minta pemilik Kafe menerapkannya,” kata Amril, kepada AJNN, Kamis (23/4).

Dikatakan Amril, imbauan tersebut tidak hanya berlaku untuk wilayah Meulaboh, ibukota Kabupaten Aceh Barat, akan tetapi juga berlaku untuk seluruh kecamatan dalam kabupaten setempat, yang pemantauannya dilakukan pihak kecamatan.

“Kalau untuk wilayah lokasi pantai itu dan kafe tidak berlakukan social distancing saya akan koodinasikan lagi nanti dengan Camat Samatiga, karena informasi yang kita peroleh sudah diimbau untuk tidak berkerumun dan diminta untuk bubar,” ucapnya.

Dari pantauan AJNN, selain warga berkerumun di kafe-kafe sekitar pantai warga juga terlihat berada di bibir pantai. Selain itu juga tidak ada penjagaan yang dilakukan, baik oleh kepolisian, TNI dan Satpol PP dilokasi keramaian tersebut.

Komentar

Loading...