Unduh Aplikasi

Sambut Musim Tanam, Masyarakat Glumpang Baro Gelar Kenduri Blang

Sambut Musim Tanam, Masyarakat Glumpang Baro Gelar Kenduri Blang
Kenduri blang. Foto: www.lamurionline.com
SIGLI - Deretan hidangan terlihat menggugah selera. Bersusun di hadapan para hadirin. Ini adalah jamuan makan yang dilaksanakan untuk menyambut masa tanam. Seluruh masyarakat di Kecamatan Glumpang Baro, Sigli, terlihat memadati tenda-tenda yang didirikan bersisian dengan bedengan sawah.

"Tradisi kanduri blang sebagai petanda jadwal dimulai penggarapan sawah serentak di seluruh ini," kata Tgk Muhammad, tokoh agama di kecamatan itu, Kamis (6/10). Tahun ini, kenduri blang--demikian hajatan itu dinamai--dilaksanakan dipusatkan di Gampong Blang Baroh, Kecamatan Glumpang Baro Pidie.

Kanduri blang adalah tradisi yang berlaku jamak di hampir seluruh daerah di Aceh. Di daerah lain, kenduri ini dikenal dengan nama upacara turun ke sawah. Menurut Tgk Muhammad, acara ini lebih kepada kebersamaan, baik dalam pola tanam ataupun berdoa, agar padi yang ditanam dapat dipanen dengan hasil yang maksimal.

“Tujuannya untuk mendapatkan keberkahan dan sebagai rasa syukur terhadap nikmat Allah SWT yang telah dianugerahkan kepada masyarakat,” kata Tgk Muhammad.

Tak hanya masyarakat yang hadir. Sejumlah pejabat juga menghadiri acara ini. Salah satunya adalah Bupati Pidie Sarjani. Dia mengaku senang dan bangga terhadap kekompakan masyarakat di kecamatan itu.

“Ini adalah adat kita. Sebagai tanda syukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Di sini, kita sama-sama berdoa agar tanaman ini tumbuh dengan baik dan berhasil maksimal,” kata Sarjani. Cara ini, kata Sarjani, adalah upaya petani untuk menjaga keteraturan pola tanam yang merupakan tradisi warisan indatu.

Sarjani juga merasa senang karena adat ini masih mendapat tempat di dalam masyarakat Pidie yang semakin modern. “Saya sangat terharu dan berterima kasih atas kekompakan masyarakat petani yang tetap menjaga budaya keunebah indatu,” kata Sarjani.

Komentar

Loading...