Unduh Aplikasi

Sama-sama Untung di Pilkada 2017

Sama-sama Untung di Pilkada 2017
ilustrasi

TERDAFTAR sebagai pemilih pada Pemilihan Umum lalu tak lantas menjamin hak warga untuk memilih pada Pemilihan Kepala Daerah 2017. Ini adalah konsekuensi dari aturan baru yang ditetapkan oleh pemerintah terkait penggunaan kartu tanda penduduk elektronik (e-ktp).

Dapat dipastikan, para pemilik hak suara di pilkada nanti harus juga terdaftar sebagai pemilik e-ktp hingga mereka dinyatakan sah sebagai pemilih pada 6 Desember 2016. 27 November adalah batas waktu yang ditetapkan bagi pemilih yang belum memiliki e-ktp untuk melakukan perekaman data di daerah masing-masing.

Bagi masyarakat Aceh, tidak memilih dapat dikatakan sebagai “masalah”. Karena politik adalah bagian penting dalam keseharian warga Aceh. Tidak hanya kaum pria, para perempuan juga semakin melek politik. Masyarakat Aceh percaya bahwa politik merupakan cara untuk menjadikan membangun Aceh menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Tak boleh memilih, ini tentu bukan pilihan.

Komisi Independen Pemilihan Aceh merilis jumlah pemilih potensial pada pilkada nanti sebanyak 3,5 juta jiwa. Sebagian besar mereka menetap di gampong-gampong yang sulit mendapatkan akses informasi. Dengan waktu yang semakin mepet, perlu kerja keras pemerintah dan KIP untuk menyosialisasikan pentingnya e-ktp sebagai kunci untuk masuk ke bilik suara di hari pencoblosan nanti.

Untuk mengantisipasi hal ini, KIP tak perlu bekerja sendiri. Ini adalah saat yang tepat untuk menggandeng para kandidat untuk membantu menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya merekam data e-ktp. Infrastruktur dan keleluasaan kandidat di daerah-daerah menjangkau konsituennya sangat memungkinkan menjangkau hal-hal yang mungkin tidak dapat dilakukan sendirian oleh KIP dan panitia pemilihan di tingkat bawah.

Para kandidat memiliki kepentingan terhadap pemilih. Semakin besar angka pemilih, akan semakin besar kemungkinan mereka memenangkan suara dari satu daerah. Di lain pihak, KIP dapat menekan angka “golongan putih” pada Pilkada 2017. Sama-sama untung, kan?

Komentar

Loading...