Unduh Aplikasi

Salurkan 159 Ekor Hewan Kurban, Bupati Pijay Sindir Camat

Salurkan 159 Ekor Hewan Kurban, Bupati Pijay Sindir Camat
Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas memantau hewan kurban yang akan disalurkan kepada masyarakat. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya mengumpulkan 159 hewan kurban untuk disalurkan kepada masyarakat di kabupaten tersebut.

Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas kepada AJNN, Kamis (8/8) mengatakan, mekanisme pengumpulan hewan kurban tersebut sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu berasal dari setiap SKPK yang ada di kabupaten itu.

Selain dari SKPK, rekanan, pengusaha serta Kemenag Pidie Jaya juga menyalurkan hewan kurban melalui pemerintah setempat.

Aiyub Abbas menambahkan meski hewan kurban pada tahun ini tidak mencapai target, yakni satu ekor setiap gampong atau target 222 ekor hewan kurban. Namun ia tetap mensyukuri dengan jumlah yang berhasil dikumpulkan itu.

"Memang tahun ini tidak mencapai target, yaitu satu gampong satu ekor lembu, tapi dengan jumlah yang mencapai 159 ekor, Alhamdulillah ini sudah sangat lumayan," kata pria yang akrab disapa Abua itu.

159 ekor hewan kurban itu, lanjut Abua, nantinya akan dibagikan ke delapan kecamatan dalam kabupaten setempat. Selain itu, pihaknya juga menyalurkan masing-masing satu ekor ke rutan perempuan dan rutan Sigli, serta satu ekor ke Kompi Armed Baterai Tempur Budhi, Paru.

"Kami juga menyalurkan satu ekor ke Kompi Armed, dan ke penjara perempuan dan penjara di Benteng Sigli masing-masing satu ekor," jelas Abua.

Abua berharap, dengan adanya hewan kurban tersebut, masyarakat di gampong yang tidak memiliki kurban pribadi, juga bisa menikmati daging kurban sebagaimana gampong-gampong lainnya.

Abua juga menekankan untuk tahun depan agar setiap camat dalam kabupaten itu agar dapat berkurban minimal satu ekor lembu per camat.

"Masak delapan camat, hewan kurbannya cuma ada empat, jadi tahun depan para camat harus mengatakan, saya camat, dari saya satu ekor sapi untuk kurban. Jika tidak ada, tinggal mengatakan, saya tidak mau lagi jadi camat," cetus Abua dihadapan camat.

Sementara itu, Ketua penyaluran hewan kurban yang juga merupakan Kabag Kesra Pemkab Pidie Jaya, Jailani merincikan, 159 hewan kurban tersebut akan disalurkan ke Kecamatan Bandar Baru 21 ekor, Pante Raja 6 ekor, Trienggadeng 19 ekor, Meureudu 20 ekor, Meurah Dua 15, Ulim 19 ekor, Jangka Buya 13 dan Kecamatan Bandar Dua 35 ekor.

Komentar

Loading...