Unduh Aplikasi

Salah Prosedur, Dana Desa Bumi Sari Ditahan

Salah Prosedur, Dana Desa Bumi Sari Ditahan
Ilustrasi.
NAGAN RAYA - Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat di BPM-KB, Kurniawan, mengatakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong tahap tiga 2015 di Desa Bumi Sari ditahan untuk sementara.

“Bumi Sari dikenakan sanksi administratif,” kata Kurniawan, Jumat (4/3). Sanksi diberikan karena aparat desa membangun jalan mendahului anggaran perubahan. Seharusnya, kata Kurniawan, keuchik menunggu kepastian anggaran sebelum bekerja.

Laporan pertanggungjawaban tahap sebelumnya juga tidak lengkap. Sehingga tidak diberikan rekomendasi untuk menarik dana desa tahap ketiga. Namun dia menolak menyatakan laporan itu fiktif. “Biar pihak berwajib memberi penjelasan, sebab Camat Betong dan Inspekorat sudah turun ke desa tersebut.”

Sebelumnya, Keuchik Bumi Sari Kecamatan Betong Nagan Raya dituding menyelewengkan dana desa dengan membuat laporan fiktif dan menjalankan program di luar APBG. Ketua Tuha Peut Gampong Bumi Sari, Muhajirin, menyebutkan hampir 60 persen kegiatan desa yang dilakukan pemerintah desa setempat tidak sesuai dengan program yang ditetapkan dalam APBG 2015.

Yang lebih fatal lagi, kata Muhajirin, Keuchik membuat laporan fiktif dalam APBG Bumi Sari terkait terobosan jalan baru dengan anggaran Rp 75 juta, kegiatan tersebut sama sekali tidak dikerjakan, keuchik membuat laporan dan menyampaikan ke kecamatan bahwa terobosan telah dilaksanakan.

Baca: Keuchik Bumi Sari Dituding Selewengkan Dana Desa

Komentar

Loading...