Unduh Aplikasi

Saiful Mahdi Dosen Unsyiah Divonis Tiga Bulan Penjara

Saiful Mahdi Dosen Unsyiah Divonis Tiga Bulan Penjara
Saiful Mahdi usai mendengarkan putusan hakim PN Banda Aceh. Foto; Tommy.

BANDA ACEH - Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh menjatuhkan hukuman tiga bulan penjara terhadap dosen Unsyiah Saiful Mahdi terdakwa kasus UU ITE.

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim diketuai Ety Astuti pada sidang pamungkas di PN Banda Aceh, Selasa (21/4).

Putusan tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banda Aceh pada sidang sebelumnya. Selain itu terdakwa juga dijatuhi hukuman denda Rp 10 juta subsider satu bulan kurungan.

Baca: Dosen Unsyiah Saiful Mahdi Dituntut Tiga Bulan Penjara

Dalam putusan tersebut, terdakwa dinyatakan sah bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mentransfer muatan pencemaran nama baik tentang hasil tes CPNS dosen fakultas teknik di lingkup kampus tersebut.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tiga bulan penjara dan membayar denda Rp 10 juta," kata majelis hakim.

Hal yang memberatkan terdakwa telah merugikan orang dalam hal ini pimpinan Fakultas Teknik Unsyiah. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa belum pernah di hukum.

Terdakwa hadir dipersidangan didampingi penasihat hukumnya, Syahrul dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh, sedangkan JPU hadir Fitriani. Sementara barang bukti berupa telepon genggam dan laptop dikembalikan kepada terdakwa.

Usai mendengar putusan tersebut, terdakwa bersama kuasa hukumnya akan melakukan banding, sementara JPU nyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

Komentar

Loading...