Unduh Aplikasi

SIDANG AVANZA VERSUS FORTUNER

Saiful Abdullah Rusak Barang Bukti, Helman Lapor ke Polda

Saiful Abdullah Rusak Barang Bukti, Helman Lapor ke Polda
Helman Madewa berdiri dengan bantuan tongkat penyangga di depan barang bukti yang dirusak. Foto: Mitro.
ACEH BESAR - Terdakwa perkara kecelakaan lalu lintas, Helman Madewa, keberatan dengan sikap Saiful Abdullah, pemilik toyota fortuner yang bertabrakan dengannya. Akibat tabrakan ini, Helman menderita cedera parah. Hilman juga berencana melaporkan perusakan barang bukti ini ke Kepolisian Daerah Aceh, besok.

Keberatan itu disampaikan Helman, didampingi lima penasehat hukumnya; Isfanuddin Amir, Ibrahim Marsian, Taufik Hidayat dan Bahagia, kepada majelis hakim. Helman menuding Saiful merusak barang bukti perkara kecelakaan lalu lintas yang menjadikannya sebagai terdakwa.

“Saya sampaikan kepada majelis hakim keberatan saya. Saiful dengan sengaja meminjam barang bukti dan memperbaiki. Itu sama saja dengan menghilangkan barang bukti. Karena kerusakan mobil itu menceritakan kronologi sebenarnya dari kecelakaan yang menjadikan saya terdakwa,” kata Helman kepada AJNN, Jumat (18/3).

Baca: Praperadilan Ditolak, Korban Kecelakaan Jadi Terdakwa

Saiful Abdullah meminjam mobil itu pada Desember 2015 lalu. Alih-alih dikembalikan, Saiful malah memperbaiki kerusakan di bagian depan fortuner. Menurut Hilman, kerusakan parah di bagian depan menunjukkan bahwa Saiful lah yang menabrak avanzanya. Bukan sebaliknya. Sementara kendaraan Hilman rusak di bagian sisi.

“Ini telah melanggar pasal 184 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP),” kata Helman. “Dan dia (Saiful Abdullah) tidak memiliki izin perbaikan. Hanya izin pinjam.”

Selain itu, Helman mengatakan, Majelis Hakim agar tidak melanjutkan perkara yang didakwakan padanya. Dengan dalih bahwa karena tidak ada barang bukti. Dia menamsilkan seorang yang mengajukan talak perceraian ke Mahkamah Syariah, tapi istrinya meninggal. "Jadi bagaimana mungkin saya bisa melanjutkan kasus tersebut,” kata Helman. Proses peradilan terhadapnya tetap dilanjutkan dengan barang bukti formil, berupa foto.

Dalam persidangan itu, Saiful berkilah. Seingatnya, dia memiliki surat izin perbaikan mobil tersebut. Majelis Hakim, atas permintaan terdakwa, meminta Saiful membuktikan surat tersebut pada sidang lanjutan yang digelar Selasa pekan depan.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...