Unduh Aplikasi

Sahabat Donor Gelar Donor Darah di RSUD Datu Beru

Sahabat Donor Gelar Donor Darah di RSUD Datu Beru
Petugas UTD RSUD Datu Beru sedang melakukan pengambilan darah dari pendonor. Foto AJNN/Fauzi Cut Syam

ACEH TENGAH - Dalam rangka memperingati hari Donor Darah Se-dunia yang jatuh pada hari Minggu 14 Juni 2020. Komunitas Sahabat Donor Kabupaten Bener Meriah melakukan donor darah untuk membantu masyarakat dan pasien yang membutuhkan transfusi darah, Sabtu (13/7) di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Datu Beru Takengon.

Ketua Komunitas Sahabat Donor Bener Meriah dr Rudiyanto kepada AJNN mengatakan bahwa komunitas ini bergerak untuk membantu pihak rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan darah, baik di Bener Meriah maupun di Aceh Tengah.

"Kami adalah penggerak para relawan supaya mau menyumbang darahnya kepada orang yang membutuhkan. Artinya kami adalah penghubung antara pendonor dan keluarga pasien yang membutuhkan. Sehingga kebutuhan darah dapat terpenuhi," ujar Rudi kepada AJNN dan sejumlah wartawan usai kegiatan donor darah, Sabtu (13/6) di RSUD Datu Beru Takengon.

Selama ini, menurut Rudi, masih banyak sekali masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah yang ingin mendonorkan darah, tapi selama ini tidak ada wadah atau lembaga. Dengan adanya komunitas sahabat donor ini, maka masyarakat yang ingin mendonorkan darah dan juga ingin mendapatkan darah bisa melalui komunitas tersebut.

"Kami akan memfasilitasi dengan mengarahkan ke Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Muyang Kute, Bener Meriah atau UTD RSUD Datu Beru Takengon," ujar pria yang juga dokter di RSUD Muyang Kute tersebut.

Selain di UTD RSUD Datu Beru, kegiatan yang sama juga akan diadakan di Bener Meriah dalam rangka hari Keluarga Nasional 29 Juni 2020 yang akan datang.

Sementara itu, Penanggung jawab UTD RSUD Datu Beru, dr. Siti Hajar Sp.PK mengatakan dirinya mewakili pihak RSUD Datu Beru, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada komunitas Sahabat Donor karena telah secara sukarela mendonorkan darah di tempat mereka.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Sahabat Donor, semoga ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pasien atau masyarakat yang membutuhkan," ujar Siti Hajar.

Siti Hajar mengungkapkan di hari yang sama ada 20 orang pendonor sukarela yang akan mendonorkan darah, namun setelah diperiksa, ternyata hanya 13 orang yang memenuhi syarat.

Alumni fakultas kedokteran USU tersebut juga mengajak semua elemen masyarakat bisa ikut mendonorkan darahnya. Karena donor darah sangat bermanfaat bagi pendonor dan juga menyelamatkan jiwa pasien yang membutuhkan.

"Selama ini kebutuhan darah di rumah sakit terpenuhi melalui pendonor sukarela yang berasal dari keluarga. Artinya ketika ada yang membutuhkan, maka dicari pendonor. Untuk saat ini, khususnya RSUD Datu Beru, kebutuhan darah masih terpenuhi," ujar Siti Hajar.

Sejumlah masyarakat dari berbagai profesi tampak mendonorkan darahnya, mulai dari wartawan, dokter, petugas kesehatan ASN, dan Teungku Dayah serta mahasiswa.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...