Unduh Aplikasi

Sah, Ini Lima Kepala Daerah Terpilih di Pilkada Riau

Sah, Ini Lima Kepala Daerah Terpilih di Pilkada Riau
PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan kepala daerah serentak 2015. Dalam rapat pleno yang digelar oleh KPUD setiap daerah, KPU secara resmi mengesahkan jumlah perolehan suara di lima daerah berikut pemenangnya.

"Perolehan suara sudah sah. Penetapan bupati terpilih dilakukan jika tidak ada sanggahan dan gugatan dari calon lain," kata Ketua KPUD Riau Nurhamin kepada Tempo, Selasa, 16 Desember 2015.

Lima kepala daerah terpilih tersebut berdasarkan suara terbanyak rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara adalah pasangan calon Wali Kota Zulkifli A.S.-Eko Suharjo di Dumai, dengan perolehan suara 32.616. Zulkifli meraih suara terbanyak dari empat pasangan lainnya.

Di Meranti dimenangi pasangan calon bupati inkumben Irwan-Said Hasyim, dengan perolehan suara terbanyak mencapai 50.619. Lalu, di Indragiri Hulu, pasangan calon bupati inkumben Yopi Arianto-Khairizal juga menang dengan perolehan suara terbanyak 99.191.

Kemudian di Kuantan Singingi, pasangan calon bupati Mursini-Halim memperoleh suara terbanyak dari dua pasangan calon bupati lainnya yang mencapai 63.544 suara. Adapun di Pelalawan dimenangi bupati inkumben Haris-Zardewan dengan total suara 68.618.

Nurhamin mengatakan rapat pleno terbuka di lima daerah, yakni Dumai, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Meranti, dan Pelalawan, secara umum berlangsung baik. Meski sempat dihujani protes dan interupsi, pelaksanaan rekapitulasi berjalan lancar.

Menurut Nuramin, pihak penyelenggara di daerah menguasai teknis persoalan yang dipermasalahkan para tim sukses saat pleno. Penyelenggara mampu menjawab sanggahan yang diajukan tim sukses pasangan calon bupati. "Meski ada yang walkout dan tidak menandatangani berita acara, pleno berjalan baik," ujar Nurhamin.

Dalam hal ini, Nurhamin melanjutkan, KPU memberikan ruang hukum bagi pasangan calon yang tidak menerima hasil pleno dengan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dalam rentang waktu 3 x 24 jam setelah pleno. Penetapan kepala daerah terpilih dilaksanakan 21 Desember 2015.

Sedangkan empat daerah lainnya, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Bengkalis, bakal melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten pada Kamis, 17 Desember 2015.

Seperti diketahui, sebanyak sembilan kabupaten/kota di Riau mengikuti pemilihan kepala daerah secara serentak pada 9 Desember 2015, yakni Rokan Hilir, Rokan Hulu, Dumai, Meranti, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, Kuantan Singingi, dan Bengkalis. Sebanyak 26 calon kepala daerah bertarung di daerah masing-masing. Pemungutan suara dilaksanakan di 110 kecamatan, 1.282 desa, dan 7.282 tempat pemungutan suara. Sebanyak 2.365.691 pemilih masuk daftar pemilih tetap di masing-masing daerah.

Komentar

Loading...