Unduh Aplikasi

Safaruddin : Keppres Pemberhentian Irwandi Tidak Bisa Diproses Lagi

Safaruddin : Keppres Pemberhentian Irwandi Tidak Bisa Diproses Lagi
Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin. Foto: Ist

BANDA ACEH - Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin mengatakan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) tentang pemberhentian Irwandi Yusuf dari Gubernur Aceh periode 2017-2022 tidak dapat diproses lagi oleh DPRA

Pasalnya, surat Keppres tersebut sudah melewati waktu yang ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Baca: Dalimi: Ketua DPRA Tak Pernah Agendakan Rapat Pimpinan

Dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 pasal 173 dijelaskan, surat Keppres pemberhentian Irwandi Yusuf diserahkan kepada DPRA, DPRA diberikan waktu selama 10 hari untuk memproses dalam paripurna dan memberikan usulan untuk mendefinitifkan Wakil Gubernur menjadi Gubernur Aceh.

"Itu Keppresnya memang bulan Agustus diberikan kepada DPRA, Keppres sudah diteruskan ke Pimpinan DPRA, jika Keppres tidak dibahas dalam waktu 10 hari maka kewenangan tidak ada lagi di DPRA untuk memproses," kata Safaruddin saat dihubungi AJNN. Kamis (15/10).

Baca: Surat Pemberhentian Irwandi Mengendap di DPRA

Safaruddin menjelaskan, berdasarkan informasi Kementerian Dalam Negeri, Keppres pemberhentian Irwandi Yusuf tidak perlu diproses lagi, karena pengangkatan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh hanya menunggu Keppres sebagai Gubernur defenitif.

"Berdasarkan informasi Mendagri itu tidak perlu diproses lagi, karena pengangkatan Nova Iriansyah hanya menunggu Keppres sebagai Gubernur definitif," ucap Safaruddin.

|MULYANA SYAHRIYAL

Komentar

Loading...