Unduh Aplikasi

Saat Ibadah Salat Jum'at, Satpol PP/WH Aceh Barat Tutup Sejumlah Ruas Jalan

Saat Ibadah Salat Jum'at, Satpol PP/WH Aceh Barat Tutup Sejumlah Ruas Jalan
Personil Wanita dari Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Barat melakukan penutupan jalan. Foto: AJNN/Darmansyah Muda.

ACEH BARAT - Satuan Polisi Pamong Praja Dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP Dan WH) Kabupaten Aceh Barat melakukan penutupan jalan sejumlah ruas jalan nasional dan Provinsi di wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Penutupan sebagian badan jalan yang dilakukan Satpol PP Dan WH Kabupaten Aceh Barat dibantu Satuan Polisi Lalulintas, Polres Aceh Barat sejak pukul 12.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB atau jelang salat jumat.

Kepala Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Barat, Azim mengatakan penutupan sebagian badan jalan jelang salat jum'at dan hingga usai salat jum'at dilakukan pihaknya menindak lanjuti Qanun Aceh nomor 11 Tahun 2002 Tentang Penerapan Syariat Islam Bidang Akidah, Ibadah dan Syiar Islam.

Menurut Azim, penutupan badan jalan dilakukan di ruas jalan Imam Bonjol tepat di Simpang Bungong Jaroe, Jalan Nasional Meulaboh-Medan tepat di Simpang Nibong atau simpang jalan Makam Pahlawan, serta jalan Meulaboh-Pidie kawasan Simpang KB.

"Pengalihan ruas jalan menuju ke pusat perkotaan setempat dipandang perlu dan merupakan bagian dari syiar Islam yang berlaku di Provinsi Aceh. Ini sesuai dengan Qanun (Perda) Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam Pasal 7 dan 8, yang berisi tentang pelaksanaan syiar Islam," kata Kasatpol PP Dan WH Kabupaten Aceh Barat, Azim.

Dikatakannya,  ruas jalan yang dialihkan tersebut diperuntukkan bagi aktivitas kaum ibu yang melintas, serta kendaraan berstatus darurat.

Dikatakannya, bagi laki-laki muslim yang melintas pada saat berlangsungnya ibadah shalat Jumat, diwajibkan berhenti di Masjid terdekat dan melaksanakan ibadah Jumat.

“Jadi bagi masyarakat muslim berjenis kelamin laki-laki, jika melintas pada saat berlangsungnya ibadah shalat Jumat, wajib berhenti di masjid untuk melaksanakan shalat Jumat,” ungkapnya

Kata dia, saat pemberlakuan perdana aktivitas tersebut, tidak ada masyarakat yang menyampaikan protes atas penutupan sementara badan jalan lintas Nasional dan provinsi tersebut. Kegiatan itu sendiri berjalan lancar.

Dari pantauan AJNN, adapun petugas melakukan penutupan badan jalan tersebut baik dari Satpol PP/WH dibantu Satlantas, Polres Aceh Barat semuanya merupakan personil wanita.

Komentar

Loading...