Unduh Aplikasi

Rusuh Singkil, Polisi Diminta Lakukan Penegakan Hukum

BANDA ACEH - Masyarakat Sipil Aceh meminta kepada Kepolisian untuk segera memproses secara hukum terkait kerusuhan yang terjadi di Aceh Singkil yang mengakibatkan jatuhnya korban, karena jika dibiarkan akan mengakibatkan terjadi konflik besar yang akan memakan lebih banyak korban jiwa.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh Mustiqal Syah Putra menyatakan bahwa proses penegakan hukum yang adil dan bermartabat harus dilakukan karena persoalan yang terjadi di singkil merupakan kejadian yang menciderai semangat penegakan hukum dan perdamaian. (BACA : Rusuh di Singkil; Gereja Dibakar, Satu Orang Tewas)

Selain itu, Mustiqal meminta, aparat kepolisian mengungkapkan aktor intelektual dibelakang kerusuhan yang terjadi disingkil karenan jika aktor intelektual ini tidak diungkapkan, di khawatirkan kejadian seperti ini akan terulang kembali.

"Kepolisian maupun TNI untuk melakukan pecegahan konflik antar umat muslim dan non-muslim yang terjadi disingkil, upaya pencegahan yang dilakukan oleh aparat keamanan bertujuan untuk mencegah terjadinya konflik yang meluas," katanya, Selasa (13/10) di Banda Aceh.

Hal yang senada disampaikan Direkur Koalisi NGO HAM, Zulfikar Muhammad mengatakan, untuk menjawab persoalan yang terjadi disingkil maka diperlukan untuk mengajak pemuka agama agar melakukan dialog sehingga peristiwa itu bisa meredam kerusuhan tersebut berulang.

Zulfikar menegaskan, Pemerintah Aceh harus melakukan upaya yang serius untuk menyelesaikan kasus yang terjadi disingkil.

“Kondisi ini tidak bisa dibiarkan oleh semua pihak khususnya pemerintah Aceh maupun pemerintah Aceh singkil, karena ini akan berdampak kepada konflik agama yang lebih luas lagi, upaya dialog kedua belah pihak harus dilakukan oleh pemerintah agar kasus seperti ini bisa diminimalisir," ujarnya

Koordinator KontraS Aceh, Hendra Saputra, Pemerintah Aceh harus dengan sesegera mungkin mendorong upaya dialogis dan menyentuh akar persoalan dengan mengedepankan prinsip rekonsiliasi dan integrasi.

Hendra juga menambahkan, dalam proses penegakan hukum terkait kerusuhan ini dimintakan kepada seluruh aparat kepolisian dan semua pihak yang terlibat dalam perkara ini tidak melakukan hal-hal yang dapat memancing kerusuhan dan memperkeruh suasana untuk mencegah potensi emosional massa.

Hendra meminta, aparat Kepolisian dan TNI agar dapat memberikan perlindungan bagi kedua belah pihak yang berkonlik sehingga mencegah terjadinya konflik susulan yang berpotensi terjadi.

"Bahwa kerusuhan yang terjadi di singkil, sebenarnya sudah ada penyebaran sms kepada masyarakat terkait aksi yang akan dilakukan, akan tetapi pemerintah dan kepolisian tidak melakukan apapun untuk meredam kerusuhan itu," tegasnya

Untuk mengantisipasi kerusuhan itu tidak terjadi lagi, maka sangat penting di dorong untuk melakukan dialog dari kedua belah pihak agar dapat menemukan solusi.

"Perlu adanya dialog bersama agar masalah ini segera selesai," harap Hendra.

 

|FAUZUL HUSNI

Komentar

Loading...