Unduh Aplikasi

Rusuh, Polda Aceh Ledakkan Bom dan Tembakkan Gas Air Mata

Rusuh, Polda Aceh Ledakkan Bom dan Tembakkan Gas Air Mata

BANDA ACEH - Ratusan personil kepolisan daerah Aceh terlibat bentrok dengan masa salah satu pasangan calon kepala daerah di Stadion Haji Di Murthala Banda Aceh, Jumat (18/11). Dua orang terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat akibat mengalami luka tembak, sementara tiga lainnya mengalami luka akibat terkena lemparan batu.

Kericuhan berawal aksi penghadangan salah satu calon Gubernur Aceh oleh massa calon lainnya yang akan berkampanye di stadiun Murtala di kawasan Lampriet sekira pukul 08.00 WIB. Massa yang menolak calon gubernur untuk melakukan kampanye memasang blokade di pintu masuk menuju stadion.

Upaya negosiasi yang dilakukan kepolisian dibalas massa dengan lemparan batu dan air mineral hingga mengakibatkan petugas terluka. Kepolisian akhirnya melepas gas air mata untuk memecah konsentrasi massa serta mengerahkan kendaraan water canon. Rangkaian rangkaian kegiatan tersebut merupakan skenario dalam simulasi pengamanan pilkada yang digelar Polda Aceh, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Selain ratusan personel Polda Aceh, simulasi melibatkan personil Polresta Banda Aceh dan Brimob serta berbagai satuan lainnya.

“Kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dalam melakukan pengamanan. Kami berharap nantinya mereka sudah paham tentang prosedur yang harus dilakukan jika memang hal ini terjadi tapi tentu kita berharap ini tidak terjadi,” kata Direktur Shabara Polda Aceh, Komisaris Besar Polisi Sugeng Ingat Rikolo, disela simulasi.

Simulasi yang digelar selama tiga jam tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat Polda Aceh, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin SH, para Kapolsek di jajaran Polresta Banda Aceh, Brimob Polda Aceh dan berbagai satuan. Dalam simulasi, turut diskenariokan proses pemusnahan bahan peledak yang diletakkan massa yang tidak puas dengan proses penghitungan suara di Kantor KIP Aceh. Pemusnahan bahan peledak terpaksa dilakukan tim Penjinak Bom (Jibom) Satbrimob Polda Aceh.

Sejumlah warga yang berada disekitar lokasi tampak antusias menyaksikan simulasi yang turut melibatkan satu unit helikopter.

Komentar

Loading...