Unduh Aplikasi

Rusli M Saleh Resmi Menjabat sebagai Plt Bupati Bener Meriah

Rusli M Saleh Resmi Menjabat sebagai Plt Bupati Bener Meriah
Rusli M Saleh.
BENER MERIAH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah telah menandatangani surat pelaksana tugas untuk Wakil Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh, sebagai pejabat sementara Bupati Bener Meriah.

Surat Plt dengan nomor No. 04/SPRIN/2016 Tgl 24 Maret 2016 tersebut memberikan wewenang kepada Rusli M Saleh untuk menjalankan roda pemerintah di Bener Meriah pasca ditahannya Bupati Bener Meriah, Ruslan Abdul Gani oleh KPK terkait kasus suap dermaga Sabang.

"Sudah ditandatangi oleh Gubernur Aceh, Insyaallah hari Senin sudah berada di tangan wabup,” ujar Sekda Bener Meriah, Ismarissiska kepada wartawan, Sabtu (26/3).

Sebelumnya, Kapuspen Kemendagri, Dodi Riadmadji mengatakan, dengan ditahannya Bupati Bener Meriah, Ruslan Abdul Gani oleh KPK, maka Rusli M Saleh sebagai wakilnya otomatis menjadi pengganti Ruslan dalam hal ini untuk menjamin roda pemerintahan di Bener Meriah tetap berjalan baik.

Dodi Riadmadji menjelaskan, Wabup Rusli M Saleh otomatis menjadi Plt karena penahanan Ruslan. Pemberhentian sementara Ruslan karena ditahan KPK akan berlaku hingga ada putusan pengadilan yang berkuatan final dan mengikat.

Jika kemudian ditetapkan bersalah, maka akan diberhentikan secara tetap dan wakil diangkat menjadi bupati defenitif. Kalau tidak bersalah, akan diaktifkan kembali.

Seperti diberitakan sebelumnya KPK menahan Ruslan Abdul Gani terkait dugaan korupsi pembangunan dermaga pelabuhan Sabang tahun 2011 lalu. Ketika itu ia menjabat sebagai kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

Ruslan disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto pasal 65 ayat 1 KUHP.

Komentar

Loading...