Unduh Aplikasi

Rumah Warga Terancam Ambruk ke Sungai, DPRK Minta Pemkab Aceh Utara Ambil Langkah Konkret

Rumah Warga Terancam Ambruk ke Sungai, DPRK Minta Pemkab Aceh Utara Ambil Langkah Konkret
Kondisi rumah warga yang retak. Foto: Ist

ACEH UTARA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara meminta kepada pemerintah daerah setempat agar segera mengambil langkah konkret mengatasi permasalahan bencana longsor di Gampong Blang Gunci, Kecamatan Paya Bakong.

“Kita meminta Pemerintah Aceh Utara jangan tutup mata terkait longsor yang terjadi ini. Pemerintah tidak cukup dengan hanya menyerahkan bantuan massa panik berupa sembako saja kemudian menganggap masalahnya selesai,” kata Wakil Ketua I DPRK Aceh Utara, Hendra Yuliansyah kepada AJNN.

Baca: Longsor Makin Parah, Pemkab Aceh Utara Terkesan Tutup Mata

Sambung Hendra, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib diminta untuk segera menurunkan tim teknis melalui BPBD, PUPR, Dinas Sosial dan intansi terkait lainnya untuk mengambil langkah jangka panjang.

“Langkah panjang harus segera diambil, misalnya memfungsikan kembali sungai maupun saluran pembuangan sebagaimana mestinya. Jangan sampai saat jatuh korban baru ditangani,” ujar Hendra.

Hendra mendesak Pemerintah Aceh Utara serius menangani hal ini, selain itu juga perlu memikirkan relokasi penduduk sekitar bantaran sungai, bila sudah dirasa terlalu beresiko serta dikhawatirkan merenggut nyawa.

“Masih banyak lahan kosong yang bisa dipakai untuk merelokasi warga itu, tinggal saja dalam hal ini pemerintah mau atau tidak,” tuturnya.

Dalam kondisi massa panin, dan supaya tidak jatuhnya korban jiwa, kata Hendra, puluhan kepala keluarga tersebut bisa direlokasi ke tempat penampungan sementara untuk jangka pendek, sembari pemerintah menyiapkan lokasi relokasi yang lebih representatif.

“Soal anggaran, pemerintah bisa menggunakan dana tanggap darurat bencana,” imbuhnya.

Komentar

Loading...