Unduh Aplikasi

RSUD dr. Zubir Mahmud Jadi Rujukan Pelayanan Kesehatan di Aceh Timur

RSUD dr. Zubir Mahmud Jadi Rujukan Pelayanan Kesehatan di Aceh Timur
Foto: JuangNews

ACEH TIMUR - Sejak peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zubir Mahmud di Idi Rayeuk Aceh Timur pada November 2015, oleh mantan Gubernur Aceh dr. Zaini Abdullah, kini RSUD tersebut menjadi rujukan dan melayani ribuan pasien setiap bulannya.

Pada Agustus 2017 contohnya, tercatat rumah sakit tersebut melayani pasien rawat inap sebanyak 715 pasien dan rawat jalan 4.947 pasien. Angka ini jauh melebihi total pasien saat masih di gedung rumah sakit yang lama.

Menurut Direktur RSUD Zubir Mahmud, dr. T. Iskandar Rizal, Sp. Pd. keberadaan rumah sakit dengan gedung dan fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit sangat membantu dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan masyarakat di Aceh Timur.

Peningkatan fasilitas ini kata Iskandar, membuat warga setempat menjadi lebih nyaman untuk berobat ke RSUD karena rumah sakit memiliki fasilitas yang lengkap, dan fasilitas air yang bersih serta memiliki oksigen sentral.

“Rumah sakit ini kini menjadi rujukan pelayanan kesehatan di Kabupaten Aceh Timur. Gedung dengan fasilitas lengkap dan tersedianya dokter ahli yang berpengalaman menjadikan rumah sakit ini semakin bermanfaat bagi masyarakat,” kata Iskandar beberapa hari lalu.

Ia menambahkan, hal itu terbukti dengan berhasilnya operasi pengangkatan tumor Kista Ovarium seberat 5,5 kilogram dari perut seorang pasien warga Kecamatan Pante Bidari. Proses pengangkatan dilakukan oleh tim dokter RSUD pada, Sabtu, (27/5) lalu. Tim dokter berhasil mengangkat kista dengan lancar dan selamat.

"Kini, untuk mendukung pelayanan di RSUD, terdapat sebanyak 21 dokter umum dan 26 dokter spesialis. Sementara, dalam tindakan bedah dan medis umum yang dilakukan, terdapat beberapa tindakan medis lanjutan yang sudah dapat dilakukan di RSUD ini seperti bedah saluran kemih, bedah pembuluh darah toraks kardiovaskuler (BTKV) dan pengangkatan tumor kista ovarium," ungkap T Iskandar.

Komentar

Loading...