Unduh Aplikasi

RSUCND Meulaboh Turun Kelas dari Tipe B ke C

RSUCND Meulaboh Turun Kelas dari Tipe B ke C
Foto: Net

ACEH BARAT - Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien (RSU CND) Meulaboh dilaporkan turun kelas atau tipe dari sebelumnya kelas B kembali menjadi kelas C. Padahal rumah sakit itu baru tiga tahun atau tepatnya tahun 2016 menyandang kelas B, saat dipimpin oleh dr Akbar Siregar.

Rumah sakit tersebut diketahui turun kelas berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Nomor HK.04.01/I/2963/2019, perihal rekomendasi penyesuaian kelas rumah sakit hasil review kelas rumah sakit yang dikeluarkan 15 juli 2019.

Humas RSUCND Meulaboh, Nasri Rima, saat dikonfirmasi AJNN, membenarkan jika rumah sakit yang baru saja naik kelas atau tipe dari C ke B pada tahun 2016 lalu kini kembali turun ke tipe C.

Namun kata Nasri, pihaknya belum tahu pasti penyebab rumah sakit yang saat ini dipimpim oleh dr Furqansyah itu turun kelas dari B ke C. Meski turun kelas pihaknya masih diberikan kesempatan untuk melakukan review hasil evaluasi kementerian kesehatan tersebut.

"Betul tapi kita juga belum tahu penyebabnya. Kan tidak langsung turun, kita masih diberi kesempatan untuk mengajukan keberatan, jadi sekarang kita sedang pelajari hasil evaluasi tersebut sebelum kita ajukan," kata Nasri Rima, kepada AJNN, Rabu, (17/7).

Dikatakannya, hasil keberatan yang diajukan manajemen rumah sakit nantinya berdasarkan peraturan menteri keaehatan nomor 56 tahun 2014 Tentang Klasifikasi dan Perizina Rumah Sakit, dengan waktu yang telah ditentukan oleh Kemenkes selamaa 35 hari kerja.

Menurut Nasri, turunnya kelas rumah sakit tersebut tidak ada hubungandengan kasus dugaan pencemaraan lingkungan terhadap limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), kasus dugaan salah suntik yang terjadi tahun lalu, terhadap Alfareza, (15) yang saat ini kasusnya telah telah dilimpahkan ke kejaksaan Negeri Meulaboh.

"Dengan beberapa persoalan tersebut seperti persoalan limbah, kasus dugaan salah suntik, alat ronsen rusak, obat-obatan yang kurang itu semua tidak ada hubungannya," ucap Nasri.

Selain RSUCND, kata dia, ada sejumlah rumah sakit di Aceh yang turun kelas baik rumah sakit Pemerintah maupun rumah sakit swasta. Ia mencontohkan rumah sakit daerah Simeulue dari tipe C ke D.

Selain rumah sakit umum yang turun kelas, kata dia, ada juga rumah sakit yang naik kelas seperti Rumah Sakit Swasta Montela Meulaboh dari kelad D menjadi Kelas D Plus.

Komentar

Loading...