Unduh Aplikasi

Resahkan Warga, Galian C di Batee Iliek Tak Kunjung Dihentikan

Resahkan Warga, Galian C di Batee Iliek Tak Kunjung Dihentikan
Alat berat mengakut material di DAS Batee Ilik, Kecamatan Samalanga, Bireuen.
BIREUN - Meski telah menyampaikan keresahan ke berbagai instansi terkait, namun hingga Rabu (26/4) aktifitas ilegal galian C di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batee Iliek, Kecamatan Samalangan, Bireuen masih terjadi. Informasi dihimpun AJNN, sejumlah alat berat masih mengangkut material dari DAS Batee Iliek.

“Masih berlangsung , tidak ada tanda-tanda akan dihentikan. Sejumlah alat berat dan truck juga masih beroperasi,” kata salah seorang warga yang enggan dituliskan namanya kepada AJNN, Rabu (26/4).

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan warga agar aktifitas galian C disepanjang DAS Krueng Bate Ilik dapat segera dihentikan. Selain melapor ke bupati setempat, laporan juga disampaikan warga ke anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan bahkan kepolisian.

“ Tidak tahu harus mengadu kemana lagi. Ketakutan kami bencana banjir bandang seperti bulan Februari 2016 kembali terulang,” ujarnya.

Dikatakan, pasca banjir bandang Februari lalu, aktifitas galian C di DAS Krueng Batee Ilik semakin tak terkoordinir. Kondisi tersebut memicu rusaknya  irigasi Lhok Peudeung, berkurangnya debit air di sumur warga, serta memicu abrasi.

“Kami berharap ada upaya hukum agar permasalahan ini tidak melahirkan konflik ditengah masyarakat. Jadi jika ada aksi nanti kami berharap warga tidak disalahkan karena sudah pernah disampaikan,” ujarnya.
IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...