Unduh Aplikasi

Rentan Kebakaran Hutan dan Lahan, TNI Ciptakan Alat Tradisional Padamkan Api

Rentan Kebakaran Hutan dan Lahan, TNI Ciptakan Alat Tradisional Padamkan Api
Personil Kodim Aceh Jaya sedang membuat alat pemadam api tradisional. Foto: Ist

ACEH JAYA - Kodim 0114/Aceh Jaya terus memantau daerah-daerah yang rentan akan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan (Karhutla). Untuk mengantisipasinya, Kodim Aceh Jaya menciptakan alat tradisional yang terbuat dari material bambu untuk digunakan memadamkan api jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tugas Kodim Aceh Jaya.

"Seluruh Koramil dan Posramil jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya dipastikan telah mempersiapkan alat yang mirip dengan sapu lantai guna untuk pencegahan secara dini jika sumber atau titik api terlihat," kata Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya, Letkol Kav Andhie Suryatama kepada AJNN, Jumat, (9/8).

Inisiatif ini, kata Dandim, diambil setelah melakukan rapat dan mendengarkan laporan dari para perwiranya baik komandan Koramil maupun para perwira staf dalam wilayah Kodim Aceh Jaya.

“Mengamati situasi akhir-akhir ini yang sering ditemukan titik api di wilayah Kabupaten Aceh Jaya, sehingga kami mengintruksikan agar seluruh jajaran mempersiapkan alat tradisional untuk memadamkan kobaran api jika terjadi kebakaran,“ katanya.

Ia juga menjelaskan alat tersebut merupakan langkah awal untuk memdamkan kebakaran sebelum tiba mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Daerah. Selain itu alat ini dapat di bawa ke lokasi titik kebakaran yang tidak dapat dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

“Kami lebih mudah bergerak membawa alat ini ke lokasi titik api yang tidak dapat dijangkau oleh mobil Damkar dan lokasi yang tidak ada sumber air, “ jelasnya.

Terkait pencegahan Karhuta, Dandim mengungkapkan bahwa seluruh jajaran telah intensif melaksanan patroli dan sosialisasi kepada warga agar tidak membakar lahan atau hutan.

“Setiap hari kami melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada warga. Kita sangat serius mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Jaya,“ ujarnya.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...