Unduh Aplikasi

Rekrutmen KPPS di Pidie Jaya Diduga Sarat Intervensi

Rekrutmen KPPS di Pidie Jaya Diduga Sarat Intervensi
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Rekrutmen Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 di Kabupaten Pidie Jaya diduga sarat intervensi. Pasalnya, KPPS yang lulus seleksi dinilai banyak tim sukses dan saudara kandung Calon Legeslatif (Caleg) dalam kabupaten setempat.

"Kebanyakan dari rekrutmen adalah timses caleg dan keluarga kandung dari caleg," kata salah seorang warga Gampong Deah Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Dhenis kepada AJNN, Selasa (26/3).

Menurutnya, hasil rekrutmen KPPS tersebut sangat menyalahi aturan dan dan terlihat ganjal.

"Ini sangat menyalahi aturan. Apakah ada intervensi di kecamatan atau diintervensi PPS Deah Pangwa, hal ini tentu timbul tanda tanya besar," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya yang dikonfirmasi AJNN menjelaskan, secara aturan, orang yang terlibat sebagai pengurus partai politik dan tim sukses tidak dibenarkan menjadi penyelenggara pemilu.

Terkait saudara kandung caleg, lanjutnya, pihaknya tidak dapat mengbackup dan tidak dapat membatasi, sebab tidak tercantum dalam aturan.

"Kalau yang saudara kita tidak dapat membatasi, tapi kalau tim sukses tidak boleh menjadi penyelenggara pemilu," jelasnya.

Namun pihaknya menegaskan, jika memang terbukti sebagai tim sukses salah satu caleg, KPPS yang dinyatakan sudah lulus dapat diganti dengan orang lain.

"Jika dia terbukti sebagai tim sukses, terbukti sebagai pengurus partai, dan juga ada hubungan perkawinan dengan penyelenggara pemilu, jika sudah terbukti dengan otentik, maka yang bersangkutan dapat diganti," imbuhnya.

Komentar

Loading...